FKIP UAD Selenggarakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

KABAR FKIP - Rubrik: Kabar FKIP | Oleh: Rachmad Resmiyanto | 5/10/2011 | 1259 kali dibaca

DSC 0043 jabat tangan 300x238 FKIP UAD Selenggarakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Kepala Balai Bahasa Yogyakarta dan Dekan FKIP UAD berjabat tangan seusai menandatangani nahkah kerja sama. (Dok. Kabar FKIP)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP UAD) kini dapat menyelenggarakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Tara. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Balai Bahasa Yogyakarta.

Naskah kerja sama ini ditandatangani di Balai Bahasa Yogyakarta Jalan I Nyoman Oka nomor 34 Yogyakarta hari Kamis, 29 September 2011. Dari FKIP diwakili oleh Drs. Ishafit, M.Si selaku Dekan FKIP dan dari Balai Bahasa diwakili oleh Drs. Tirto Suwondo, M.Hum selaku Kepala Balai Bahasa. Kerja sama ini merupakan kelanjutan kerja sama pada tahun 2007 sebelumnya.

UKBI merupakan sejenis tes kemampuan berbahasa seperti TOEFL atau IELTS. UKBI sangat penting bagi siapapun yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, apalagi para calon guru.

Dekan FKIP UAD, Drs. Ishafit, M.Si, menyatakan bahwa tes ini sangat penting untuk menguji kemampuan berbahasa Indonesia kita. “Masak kita sebagai orang Indonesia tidak ingin tahu sebenarnya kemampuan berbahasa Indonesia kita bagaimana? Ini seperti TOEFL dalam bahasa Inggris,” tegasnya.

Dengan adanya program UKBI ini diharapkan dapat turut memberi bekal kompetensi profesional untuk tugas-tugas kependidikan dan keguruan di bidang bahasa Indonesia yang notabene merupakan bahasa negara. Program UKBI sendiri merupakan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 152/2003.

UKBI dapat diikuti oleh segenap sivitas akademika FKIP UAD baik dosen, mahasiswa maupun karyawan. Biaya yang dikenakan untuk mengikuti tes UKBI sangat murah, hanya 30 ribu rupiah. Tes akan dilakukan sesuai dengan permintaan dengan jumlah minimal 20 peserta. Hasil tes UKBI Tara berbentuk rekapitulasi nilai dan sertifikat akan diserahkan selambat-lambatnya 2 pekan kemudian. (*)

  • Ipstiga_1 muslim grobogan

    alumni pend. matematika tahun lulus 1991