Yogyakarta. Bertempat di Kampus 3 universitas Ahmad Dahlan, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD mengadakan Pertemuan untuk menjalin silaturahim akademik antara dosen dan mahasiswa yang diberinama Mimbar Ilmiah. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh program studi sebagai upaya peningkatan motivasi akademis mahasiswa dari berbagai narasumber baik dosen, mahasiswa maupun alumni berprestasi.

Tanggal 25 Agustus 2017 Mimbar Ilmiah mengusung 2 tema, yang pertama adalah Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Pendidikan Biologi UAD, yang kedua Organisasi dan Kepemimpinan. Tema pertama disampaikan oleh alumni yaitu Haris Setiawan, S.Pd yang saat ini sedang melanjutkan kuliah di Biologi Pascasarjana UGM. Haris menekankan bahwa komunikasi menjadi poin penting untuk menjadi mahasiswa sukses. “Untuk sukses, jangan lupa selalu berkomunikasi dengan teman sekelas, kakak tingkat, dosen dan seluruh civitas akademika UAD. Namun perlu diingat bagaimana etika komunikasi yang dibangun, yaitu sopan, santun dan penuh tatakrama”, ungkap Haris.

Tema kedua disampaikan oleh perwakilan HMPS Pendidikan Biologi UAD yaitu Ezo. Dalam Pemaparannya ezo menyampaikan pentingnya berorganisasi untuk pembentukan karakter dan berbagai organisasi yang dapat diikuti di prodi Pendidikan Biologi, ini khususnya pengetahuan bagi mahasiswa baru. “Berorganisasi dapat membantu kita membentuk karakter kepemimpinan, kedewasaan diri, kematangan berpikir, arif dalam menentukan keputusan. Anda dapat mengikuti HMPS Pbio, Tim Asistensi, dan BSC,” Jelas Ezo.

Peserta kegiatan merupakan dosen dan mahasiswa Pendidikan Biologi UAD. Novi Febrianti, M.Si selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa untuk mengintensifkan komunikasi dosen dan mahasiswa perlu ada suatu wadah yang memfasilitasi pertemuan dosen dan mahasiswa yang bersifat akademis. Beberapa tema yang diusung juga merupakan hasil penelitian dosen, sebagai motivasi mahasiswa dalam melakukan penelitian.(H3)