“MUVODANCE”. Apakah itu? Ya, “MUVODANCE” adalah sebuah komunitas atau Lembaga Swadaya Organisasi (LSO) di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). “MUVODANCE” memiliki kepanjangan yaitu “Music, Vocal, Dance”, yang bermakna bahwa komunitas ini merupakan satu kesatuan antara musik disertai dengan lagu (nyanyian) dan tari. Segala kegiatan tersebut dipadukan menjadi satu sehingga dinamakan “MUVODANCE”.
“LSO “MUVODANCE” ini fungsinya untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa prodi PGSD UAD, khususnya di bidang kesenian,” ucap Mira Setiawati, selaku ketua LSO “MUVODANCE” periode tahun 2017. Kepengurusan komunitas ini meliputi ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, koordinator (musik, tari, kegiatan, humas, dan perlengkapan).
Mahasiswi semester 4 ini menerangkan bahwa “MUVODANCE” telah berdiri sejak tahun 2014 oleh HMPS PGSD UAD divisi minat dan bakat. Namun karena membutuhkan persiapan (waktu dan tenaga) yang matang, maka komunitas ini baru dihidupkan mulai tahun 2015. Pada tahun 2016 “MUVODANCE” baru bisa diresmikan menjadi Lembaga Swadaya Organisasi (LSO) pada Rapat Kerja (RAKER) HMPS PGSD. Tetapi selama masa sebelum peresmian, mahasiswa sudah mengenal komunitas “MUVODANCE”, pasalnya komunitas ini sudah tampil di berbagai acara seperti “LIVE ACOUSTIC” (acara prodi PGSD), SEMARAK PGSD, Seminar Nasional, dan di beberapa acara lainnya. Melihat kesuksesan “MUVODANCE” diketahui oleh banyak mata, sehingga jam kerja “MUVODANCE” mulai tinggi dan nama “MUVODANCE” semakin naik daun. Banyak permintaan dari prodi lain maupun Universitas kepada “MUVODANCE” untuk mengisi hiburan, seperti acara Seminar Internasional, RAKORNAS, Pelepasan Mahasiswa Calon Wisudawan/ti, P2K UAD, memenangkan lomba, dan berbagai acara lainnya.
Adapun Visi LSO “MUVODANCE” ini adalah “Menjadikan LSO MUVODANCE komunitas identitas prodi PGSD serta sebagai wadah untuk memajukan dan meningkatkan kualitas dalam berkesenian. Selain itu Misi LSO “MUVODANCE” diantaranya (1) Menjadi suatu wadah bagi mahasiswa PGSD berkesenian dan berorganisasi, (2) Mengasah kemampuan (skill) mahasiswa LSO MUVODANCE, (3) Memperkenalkan berbagai macam alat musik dan tarian dari mahasiswa PGSD UAD sebagai sebuah pertunjukan di berbagai lingkup, meliputi lingkup kampus dan masyarakat.
“Harapan kami, kembangkanlah bakat kalian di “MUVODANCE” ini,” ucap Mira Setiawati dengan tersenyum.