Seiring perkembangan IPTEK terdapat ragam model pengembangan dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya melalui peningkatan literasi.

Hal tersebut sejalan dengan tema riset yang diangkat oleh Tim hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggu (PTUPT) Universitas Ahmad Dahlan yang berhasil didanai Kemristekdikti hingga tahun ketiga. Tim yang terdiri dari Dr. Siti Urbayatun,M.Si., Psikolog (ketua), Dr. Ir. Dwi Sulisworo,MT, Dr. Suyatno,M.Pd.I, Ika Maryani, M.Pd, Caraka Putra, M.Pd. mengangkat komunikasi pedagogi untuk menumbuhkan Literasi spiritual, moral, interpersonal, dan culture sebagai upaya membangun karakter generasi masa depan. SMIC adalah singkatan dari Spirituality, Morality, Interpersonal, dan Cultural dimana indikator SMIC mendukung terhadap penguasaan kompetensi pada era abad 21.

Pada tahun ketiga ini Tim riset UAD selama enam hari (9-14 Mei 2018) melakukan rangkaian kegiatan penelitian diantaranya diskusi seputar kebudayaan dan potensi Pulau Bacan dengan Kesultanan bacan yang disambut hangat oleh Gemasuba (Generasi muda kesultanan bacan). Agenda kedua adalah roadshow ke Sekolah Menengah di Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara dalam rangka pengambilan data pada siswa (8 SMA/K/MA), hari kedua dilakukan Diseminasi hasil riset PTUPT Kemenristekdikti kepada 93 guru dari berbagai sekolah di Bacan terkait Komunikasi pedagogik melalui Literasi SMIC, hari ketiga pemaparan materi Model Pembelajaran berbasis SMIC, sistem evaluasi, RPP berbasis literasi SMIC, dan hari terakhir salah satu tim Dr. Ir. Dwi Sulisworo menjadi keynote speaker pada acara seminar di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dengan tema Strategi Menembus Hibah Penelitian Kemenristekdikti dan Menulis luarannya dlm Publikasi Ilmiah.

Riset ini dilakukan secara berkelanjutan agar dampaknya bagi sekolah-sekolah juga lebih terukur. Universitas Ahmad Dahlan sangat mendukung program-program pengembangan wilayah khususnya di Indonesia timur untuk kemajuan Bangsa Indonesia.