Yogyakarta. Ahad (24/09), Prodi Pendidikan Biologi FKIP UAD kembali menyelenggarakan “Biology Challenge Festival” untuk siswa SMA/MA tingkat nasional di Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan. Biology Challenge Festival (BCF) ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Biologi berupa serangkaian lomba biologi, seperti: Olimpiade Biologi, Alat Peraga Biologi, serta Insektarium-Herbarium. Tahun ini merupakan tahun ke-3 diadakannya BCF, terhitung sejak tahun 2015 silam. Diselenggarakannya Biology Challenge Festival bertujuan untuk mengembangkan jiwa kreativitas serta meningkatkan kualitas dan potensi khususnya bagi para pelajar menengah keatas sebagai generasi muda akan ilmu-ilmu biologi. Sehingga kelak ilmu tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat luas nantinya.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan FKIP UAD, Dr. Suparman, M.Si., DEA. Dalam sambutannya, Suparman menyampaikan agar peserta dapat mengikuti lomba dengan kooperatif. “peserta lomba harus berlomba dengan jujur dan semaksimal mungkin sehingga hasil yang didapat memuaskan”, pesannya.

Berhasil mendapatkan juara 1 pada Lomba Olimpiade Biologi kali ini yaitu Nada Humaizah dari MA Negeri 1 Yogyakarta. Juara 2 diraih oleh Aditya Alfariz dari MA Negeri 1 Yogyakarta. Sedangkan juara 3 adalah Nur Salam dari SMA Negeri 1 Pajangan. Terdapat pula juara harapan 1 yaitu Caroline Shania Santoso dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta dan juara harapan 2 yaitu Lita Nurfaiziah dari SMA IT Ihsanul Fikri Magelang.

Pada Lomba Insektarium-Herbarium, juara 1 diraih oleh Tim SMA Negeri 11 Yogyakarta. Juara 2 Tim SMA Negeri 11 Yogyakarta, dan juara 3 Tim SMA Negeri 1 Rongkop Gunung Kidul.

Sedangkan Lomba Alat Peraga Biologi, juara 1 diraih oleh Tim SMA Negeri 1 Rongkop Gunung Kidul.

Salah satu pendamping peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa didiknya. “Saya sangat berterima kasih kepada Prodi Pendidikan Biologi FKIP UAD, karena dengan diadakannya lomba nasional seperti BCF ini bisa menjadi wadah bagi siswa-siswa semua yang memang gemar dengan biologi untuk mengasah kemampuan. Bahkan di sekolah kami, BCF ini merupakan agenda tahunan yang selalu kami ikuti”, ujar Guru MAN 1 Yogyakarta ini.

Joko Susilo, Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP UAD memberikan apresiasi kepada para juara BCF ini dengan memberi kemudahan kepada para juara untuk melanjutkan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD tentunya dengan pertimbangan Program Studi. “Melalui Biology Challenge Festival ini, saya berharap para peserta bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman yang berharga. Jika berniat mendaftar di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UAD, nanti akan lebih dimudahkan. Kalian hanya tinggal memberikan sertifikat juara lomba BCF ini, maka akan ada pertimbangan-pertimbangan khusus dari prodi. Bagi peserta yang nantinya belum berhasil menjadi juara jangan berkecil hati, karena kekalahan adalah kemenangan yang tertunda”, ucap Beliau.(H3)