D-Qalami FKIP UAD PFIS

Maraknya penggunaan gawai sebagai media permainan anak di era revolusi industry saat ini bagaikan sisi mata uang. Di satu sisi penggunaan gawai menjadikan seorang anak melek teknologi namun di sisi lain penggunaan gawai pada usia anak secara terus menerus juga akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan dan menurunnya kepekaan sosial anak-anak. Melihat kondisi tersebut, tim Tim program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan yang diketuai oleh Muhammad Fikri Rayendra (Kesehatan Masyarakat) dan anggota Tim Cut Zahiya Listy Humaira (Pendidikan Agama Islam), Trisna Avi Listyaningrum (Pendidikan Fisika), Dedek Ajeng Okta Triyana (Pendidikan Bahasa Inggris), dan Panji Nur Fitri Yanto (Bimbingan dan Konseling) yang dibimbing oleh Nur Fatimah, S.Pd., M.Hum mengembangkan permainan kartu berlipat yang dinamakan D-QALAMI, tutur Fikri.
D-Qalami merupakan sebuah produk permainan edukasi dibidang Kesehatan dan lingkungan untuk anak-anak yang berbentuk kartu berlipat. Permainan ini membahas aspek kesehatan personal dan lingkungan hidup secara berseri seperti seri kesehatan alat pencemaan, seri obat-obatan herbal sesuai Al-Qur’an dan sunnah, alat pernafasan, kekuatan fisik dan lingkungan yang sehat lagi bersih di dalamnya yang dapat dipelajari oleh berbagai kalangan usia, terutama anak-anak karena disertai dengan buku bcrgambar menarik. Media D-Qalami berbentuk kartu-kartu berlipat, sehingga menarik perhatian santri, unik, praktis, dan mudah diingat kontennya oleh para santri TPA.
Di dalam permainan ini terdapat pesan-pesan dasar seperti pesan spiritual, mental, dan sosial yang harus dimiliki seorang anak, tutur Listy. Permainan yang didesain warna-warni dan penuh gambar ini tentunya sangat menarik perhatian anak-anak untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi berbagai jenis penyakit dan cara hidup sehat melalui kegiatan bermain.
Media permainan ini diharapkan bisa menjadi alternatif ustadz/ustadzah di Taman Pendidikan Al-Qur’an, guru di sekolah, maupun orang tua untuk memberikan edukasi tentang kesehatan dan lingkungan dengan cara yang menyenangkan. Media permainan ini kami komersialkan dengan harga Rp 250.000 hingga Rp 300.000 atau jika berminat bisa mengunjungi akun resmi D_Qalami di https://www.instagram.com/dqalami_official/. Kami berterimakasih kepada Kemendikbud ristek yang telah mendanai kegiatan ini, tutup Fikri.