Diskusi Pengelolaan Daycare! TPA UTM Kunjungi An Nahl UAD
An Nahl Daycare, yang berada di bawah pengawasan Lab PGPAUD FKIP UAD, menerima kunjungan dari TPA Labschool Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada Senin (24/02). Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari sistem pengelolaan daycare, kurikulum, serta layanan.
Rombongan UTM terdiri dari 4 pengasuh dan 9 pengelola yang merupakan dosen dari berbagai fakultas. Agenda pertama adalah sesi observasi daycare dari pukul 08.00 hingga 08.30. Setelah itu, rombongan menuju Lab Baca di lantai 2 untuk melanjutkan diskusi hinga pukul 10.00. Pada diskusi ini, kedua pihak membahas berbagai aspek, mulai dari layanan daycare, kurikulum, hingga pengembangan profesional tenaga pendidik.
Menurut Khoriah Alfath, S.Pd., laboran An Nahl Daycare, kunjungan ini menjadi kesempatan bagi kedua institusi untuk berbagi wawasan mengenai pengelolaan daycare. Salah satu poin yang menarik perhatian tim UTM adalah kelengkapan fasilitas, sistem pembagian tugas, serta rasio guru terhadap anak yang ideal. Selain itu, mereka juga memperhatikan pentingnya kesempatan bagi guru untuk terus mengembangkan diri guna meningkatkan kualitas layanan.
Kami selalu berupaya memberikan layanan yang optimal bagi wali murid dan anak-anak. Salah satunya dengan memastikan tenaga pendidik mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar bisa memberikan pendidikan yang lebih baik, ujar Khoriah.

Khoriah Alfath, S.Pd., Laboran PGPAUD UAD bersama Dr. Dinara. M.J., S.Sos., M.Si., Dekan FISB UTM
Sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini, TPA Labschool UTM berencana mengadaptasi beberapa sistem milik An Nahl Daycare. Tim TPA UTM akan mengadaptasi sistem pembiayaan, peningkatan kualitas pengasuh, serta rasio guru terhadap anak. Mereka akan menjadikan pendekatan yang diterapkan di An Nahl sebagai referensi untuk meningkatkan standar layanan daycarenya.
Di bawah pengawasan Ega Asnatasia Maharani, M.Psi., Psikolog, An Nahl Daycare terus berkomitmen untuk menjaga mutu layanan dan membangun hubungan baik dengan wali murid.
Kami tidak hanya berfokus pada pengasuhan anak, tetapi juga memastikan lingkungan yang aman dan mendukung bagi perkembangan mereka. Selain itu, tenaga pendidik juga terus diberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan agar layanan yang kami berikan semakin baik, tambah Khoriah.
Melalui kunjungan ini, An Nahl Daycare menunjukkan perannya sebagai daycare dengan sistem pengelolaan yang baik. Sistem ini bisa menjadi contoh bagi institusi lain dalam mengembangkan layanan pendidikan anak usia dini.
(puspitasari/ed: ink)