Benchmarking S1 PMat dengan Dept. Matematika University of Toronto
Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika (S1 PMat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, M.Sc., baru-baru ini (20/10/23) melaksanakan kegiatan benchmarking yang inovatif dengan Departemen Matematika University of Toronto.
Langkah ini Dr. Puguh ambil dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di program studi tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Dr. Puguh melakukan perbandingan dengan salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di dunia, yaitu University of Toronto. Universitas ini menduduki peringkat kelima dunia versi National Taiwan University ranking.
Program studi S1 PMat di UAD dan (Bachelor Program) Departemen Matematika di University of Toronto memiliki kesamaan profil lulusan, yaitu sebagai pendidik matematika. Oleh karena itu, pada benchmarking ini yang menjadi topik pembahasan yaitu perbandingan berbagai aspek pendidikan. Mulai dari kurikulum, pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, hingga manajemen pengelolaan kelas.
Hadir sebagai narasumber utama, Prof. Joe Repka, Ph.D., senior associate chair (Bachelor Program) Departemen Matematika University of Toronto. Dengan pengalamannya yang luas dalam bidang pendidikan matematika, Prof. Joe memberikan wawasan berharga tentang praktik terbaik yang dapat Prodi PMat terapkan.
Lihat kabar terkini lainnya di Web FKIP UAD
Salah satu aspek menarik dari kegiatan ini adalah observasi langsung melalui kegiatan sit-in di kelas Prof. Joe. Hal ini memberikan kesempatan bagi pihak UAD untuk melihat secara langsung metode pengajaran yang sukses dan strategi yang telah terbukti di University of Toronto.
Kegiatan benchmarking ini memiliki tujuan yang sangat jelas, yaitu meningkatkan kualitas Program Studi S1 PMat FKIP UAD. Baik dalam pendidikan dan pengajaran, maupun dalam manajemen kurikulum dan kelas. Dengan mengadopsi praktik terbaik dari University of Toronto, harapannya program studi ini dapat memberikan pendidikan matematika yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan masa depan.
Benchmarking ini adalah langkah yang positif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Kolaborasi ini dapat menjadi salah satu tonggak penting dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berkualitas di bidang pendidikan matematika.
(kh/ed:ql)