Educator Forum #6 Bahas Creativity and Assessment in Learning
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses gelar Education Forum #6 pada Selasa (14/11). Forum yang berlangsung di Ruang Meeting Perpustakaan UAD ini bertema Creativity and Assessment in Learning. FKIP menghadirkan dua pembicara dari Filipina, Al Justine Lesmis, M.A. dan Thomas Jr A.Diquito, Ph.D. Keduanya merupakan Senior Lecturer dari University of Mindanao-Digos, Filipina.
Soviyah, S.Pd., M.Hum., sebagai Moderator, mengawali forum dengan ucapan selamat datang kepada Al dan Thomas. Soviyah juga mengenalkan secara singkat mengenai Educator Forum kepada mereka.
Pada forum ini, Al membagikan pemahamannya mengenai Assessment. Baginya, assessment adalah bagian dari sebuah proses dan menjadi metode dari sebuah pembelajaran. Ia menjelaskan tujuan dari sebuah assessment adalah untuk memenuhi sebuah ekspektasi dan standar lulusan tertentu. Al juga menekankan agar guru berperan aktif dalam proses penyusunan assessment siswa. Baginya, kini bukan era guru yang secara penuh berbicara di depan kelas, tetapi era bagi guru untuk kreatif dan inovasi dalam pembelajaran.
“The success of the student, is the success for the teacher. The failure of the student, is the failure for the teacher“, tegas Al mengakhiri presentasinya.
Lihat kabar terkini lainnya di Web FKIP UAD
Sedangkan, Thomas mempresentasikan mengenai Creativity and Innovation in Learning pada forum ini. Ia menerangkan strategi untuk Recover Learning Loss yang terjadi karena keadaan tertentu. Baginya, guru harus kreatif dan inovatif dalam mengatasi Learning Loss, salah satunya menggunakan Learning Management System. Ia juga memberikan contoh mengenai metode gamification atau game based learning yang dapat guru lakukan untuk menggugah semangat para siswa. Namun ia menekankan, bahwa game based learning hanya sebagai salah satu metode pembelajaran dan tidak sepenuhnya mengubah proses pembelajaran.
Selain presentasi oleh Al dan Thomas, pada forum ini Soviyah membuka sesi diskusi kepada para peserta. Sebanyak 32 peserta yang merupakan Dosen S-1, S-2, dan Tenaga Kependidikan di lingkungan FKIP mengajukan pertanyaan kepada Al dan Thomas.
Acara berakhir dengan penyampaian kesimpulan dari hasil diskusi sebelumnya. Tidak lupa, Al dan Thomas menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan menjadi narasumber pada educator forum ini.
(ql)