PBio Berikan Pelatihan PTK dan Teknologi untuk Guru SMA Muh 4
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan meningkatkan kompetensi pengajar di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta pada Sabtu (15/02). Kegiatan ini mengusung tema “Pelatihan PTK dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan”. Secara khusus manfat pelatihan ini untuk membantu pengajar dalam mengembangkan keterampilan penelitian dan menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.
Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Pelatihan ini memfokuskan pada konsep Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penerapan teknologi dalam pendidikan. Tim pengabdian memberikan materi mengenai metodologi PTK serta mengajak peserta untuk mempraktikkan langsung mneyusun artikel ilmiah.
Selanjutnya para guru bisa memanfaatkan teknologi pendidikan untuk mencari referensi, mengorganisir data penelitian dan menulis laporan ilmiah secara efisien. Dengan demikian, pengajar dapat mengembangkan penelitian yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan kelas.
Selain itu, mahasiswa dan alumni PBio UAD memainkan peran penting dalam mendampingi para peserta pelatihan. Mereka membantu pengajar untuk menerapkan teori dan memberikan bimbingan praktis.
Sinergi antara akademisi dan praktisi mudah-mudahan bisa memperkuat efektivitas pelatihan serta memastikan guru mengimplementasikan ilmu yang dipelajari.
Menurut Dr. Novi Febrianti, M.Si., ketua tim pemateri, pelatihan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran.
Kami berharap pengajar dapat lebih efektif dalam melakukan penelitian melalui PTK dan mempublikasikan hasilnya dalam jurnal ilmiah. Ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, ujar Novi.

Dr. Novi Febrianti, M.Si. saat menyampaikan materi
Melalui pelatihan ini semoga bisa memotivasi pengajar untuk mengembangkan keterampilan penelitian mereka dan meningkatkan kualitas pendidikan di kelas. Secara keseluruhan pelatihan ini merupakan salah satu upaya Universitas Ahmad Dahlan untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Agenda ini mengedepankan sinergi antara akademisi dan praktisi untuk membawa inovasi dan perkembangan positif dalam dunia pendidikan, serta memberikan manfaat yang lebih luas bagi siswa, pengajar, dan masyarakat.
(prasetyo/ed: ink)