PGSD UAD Gelar Mimbar Akademik, Dorong Penelitian Berkualitas
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan mimbar akademik (04/12/2024). Acara berlangsung cukup khidmat menghadirkan pembicara inspiratif, Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si., seorang pakar psikologi yang telah banyak berkontribusi dalam dunia penelitian.
Dengan tema penelitian kuantitatif, mimbar akademik ini sukses menyita perhatian para dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan. Dalam paparannya yang memukau, Fatwa tidak hanya memaparkan teori-teori mendasar mengenai penelitian kuantitatif, namun juga membagikan pengalaman serta tips praktis dalam melakukan penelitian di lapangan.
Penelitian kuantitatif bukan sekadar trend, melainkan sebuah kebutuhan dalam dunia pendidikan yang semakin kompleks, tegas Fatwa.
Beliau menekankan bahwa kita perlu menggali makna di balik fenomena pendidikan dengan pendekatan yang lebih mendalam dan holistik. Dengan cara ini, kita bisa menganalisis berbagai aspek pendidikan secara lebih menyeluruh. Harapannya, hal ini membantu merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Mimbar Akademik PGSD FKIP
Dalam sambutannya, Kaprodi PGSD UAD, Muhamamd Ragil, M.Pd. menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas antusiasme peserta yang hadir. Ia juga mengharapkan para peserta dapat mendapatkan wawasan baru dan termotivasi untuk melakukan penelitian yang berkualitas melalui mimbar akademik itu.
Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang penelitian. Kami berharap melalui mimbar akademik ini, para peserta dapat memperoleh wawasan baru dan terinspirasi untuk melakukan penelitian yang berkualitas, ujar Ragil.
Lebih lanjut, Ragil juga menekankan pentingnya penelitian kuantitatif dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi pendidikan.
Dengan memahami konteks sosial dan budaya siswa, kita dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna, tambah Ragil.
Sesi tanya jawab yang berlangsung setelah presentasi semakin menghidupkan suasana. Para peserta dengan antusias mengajukan berbagai pertanyaan terkait metode pengumpulan data, analisis data, hingga penulisan laporan penelitian.
Kegiatan mimbar akademik ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi para dosen dan mahasiswa PGSD UAD. Sehingga dapat terus berkarya dan menghasilkan penelitian-penelitian yang inovatif.