Stadium General UAD: Peran Pendidikan Mencapai SDGs, Studi Kasus Filipina
Program Doktor Pendidikan (FKIP UAD) menggelar Stadium General bertajuk The Role of Education on SDGs Achievement in Philippines Experiences. Acara ini bertujuan untuk mendiskusikan peran pendidikan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta mempelajari strategi yang telah diterapkan di Filipina.
Stadium General ini menghadirkan Dr. Rastanura M. Bober, Dekan Education Collage dari Western Philippines University, dengan moderator Dr. Ratri Nur Hidayati, M.Pd.B.I., dosen PBI UAD. Lebih dari 50 peserta menghadiri acara ini melalui Google Meet. Peserta terdiri dari mahasiswa, dosen PPD UAD serta mahasiswa Magister Pendidikan Western Philippines University, menghadiri acara ini.

Narasumber, Dr. Rastanura M. Bober saat penyampaian materi
Selanjutnya, Rastanura menyampaikan materi mengenai kontribusi sistem pendidikan di Filipina terhadap pencapaian SDGs. Secara khusus, fokus utama pembahasan adalah pada akses pendidikan berkualitas (SDG 4), pengurangan ketimpangan (SDG 10), dan peningkatan kesejahteraan sosial serta ekonomi (SDG 8).
Melalui diskusi ini, harapanya mampu memberikan wawasan serta inspirasi bagi mahasiswa dalam mengembangkan kebijakan dan inovasi pendidikan di Indonesia. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan SDGs dengan meningkatkan mutu pendidikan yang inklusif dan berorientasi masa depan. Oleh karena itu, Indonesia dapat menyontoh negara lain yang telah sukses menerapkannya.
Ketua Program Studi Doktor Pendidikan FKIP UAD, Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. membuka acara dengan sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKIP UAD, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D. Setelah itu, narasumber memaparkan materi, lalu melanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi akademik untuk memperkaya wawasan peserta.
Secara keseluruhan, dengan adanya Stadium General ini, harapannya para mahasiswa doktoral serta akademisi dapat memperoleh wawasan baru dalam merancang kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih efektif, inovatif, dan sesuai dengan tuntutan global dalam mencapai SDGs.