PMat UAD Dorong Akses Rekognisi Pembelajaran Lampau
Program Studi Pendidikan Matematika (PMat) FKIP UAD menggelar Workshop Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Bertempat di ruang dosen lantai 7, Gedung Utama Kampus 4 UAD. Workshop ini dimulai pukul 13.00 dan dipimpin oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, S.Si, M.Sc.
Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai RPL. RPL merupakan pengakuan atas pembelajaran sebelumnya, baik melalui pengalaman kerja maupun pelatihan nonformal. Puguh menjelaskan bahwa RPL membuka peluang bagi masyarakat, khususnya lulusan pendidikan nonformal, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
RPL memberikan akses pendidikan yang lebih luas, terutama bagi mereka yang telah memiliki pengalaman belajar sebelumnya, ujar Puguh.
Kegiatan dalam workshop ini meliputi penyusunan panduan RPL untuk prodi . Panduan tersebut bertujuan agar proses rekognisi pembelajaran lebih terstruktur dan sistematis. Dengan adanya panduan ini, lulusan pendidikan nonformal dapat lebih mudah memperoleh pengakuan atas pembelajaran yang telah mereka jalani.
Tidak hanya dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan ini. Pada agenda ini pihak internal program studi mampu membangun pengetahuan praktis tentang cara menyusun dan menerapkan RPL di lingkungan pendidikan tinggi.
Melalui kegiatan ini, PMat UAD berharap dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan membuka akses pendidikan yang lebih luas, PMat UAD ingin memastikan bahwa setiap individu, terlepas dari latar belakang pendidikan dapat melanjutkan studi dan mengembangkan potensi diri.
(wafi/ed: ink)