Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Matematika UAD
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan kegiatan Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi pada 15–16 Agustus 2025. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses penjaminan mutu eksternal yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan asesor Prof. Dr. Yohanes Leonardus Sukestiyarno, M.S., Ph.D., dari Universitas Negeri Semarang serta Prof. Dr. Manuharawati, M.Si., dari Universitas Negeri Surabaya.
Asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengonfirmasi, mengklarifikasi, dan memvalidasi berbagai dokumen serta laporan yang tercantum dalam Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Proses ini menegaskan keakuratan informasi dan kesesuaian data dengan kondisi aktual di lapangan.

Asesor dan jajaran struktural UAD
Hari Pertama: Dialog dengan Seluruh Pemangku Kepentingan
Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T. beserta seluruh Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro dan Kepala Lembaga menyambut kedua asesor di Ruang Serbaguna Lt.10, Kampus 4 UAD pada Jumat (15/08). Pada kesempatan tersebut, Muchlas menegaskan bahwa akreditasi berperan penting dalam memastikan keberlanjutan kualitas pendidikan dan relevansi kompetensi lulusan pada tingkat nasional dan global
Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, sehingga proses akreditasi ini menjadi bagian dari upaya kami dalam memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat, ujar Muchlas.
Selanjutnya, asesmen lapangan berlanjut dengan sesi konfirmasi. Dalam sesi ini, asesor berdiskusi dengan pimpinan UPPS mengenai kebijakan pengembangan, tata pamong, pengelolaan, dan capaian strategis, serta melakukan klarifikasi data LKPT, peninjauan pelaksanaan penjaminan mutu internal, dan evaluasi LED.
Pada siang hingga sore hari, tim asesor melanjutkan rangkaian asesmen lapangan dengan berdialog bersama alumni, pengguna lulusan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Sesi ini menjadi kesempatan penting untuk mendengarkan pandangan, kepuasan, serta masukan dari seluruh stakeholder terhadap kinerja dan layanan Program Studi Pendidikan Matematika UAD.
Menutup rangkaian hari pertama, tim asesor melakukan pengecekan fasilitas untuk memastikan ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana pendukung yang menunjang proses pembelajaran di prodi PMat. Pengecekan ini mencakup ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas teknologi.
Hari Kedua: Observasi dan Finalisasi Rekomendasi
Sabtu, 16 Agustus 2025, tim asesor mengawali kegiatan dengan observasi pembelajaran di Laboratorium Microteaching, Gedung Lab Terpadu. Observasi ini memberikan gambaran nyata praktik pembelajaran di Program Studi Pendidikan Matematika. Setelah itu, asesor menyusun draft berita acara dan rekomendasi hasil asesmen.
Sebagai penutup asesor menyampaikan umpan balik kepada pimpinan perguruan tinggi sekaligus melakukan penandatanganan berita acara asesmen lapangan. Secara umum, proses asesmen lapangan Prodi Pendidikan Matematika UAD mendapat apresiasi tinggi dari para asesor. Asesor menegaskan bahwa keselarasan antara dokumen dan praktik di lapangan berjalan baik, namun mereka tetap menyampaikan catatan dan rekomendasi sebagai dasar peningkatan mutu berkelanjutan.
Apa yang tercantum dalam borang telah terverifikasi, dan hal-hal yang belum ada dapat ditambahkan untuk melengkapi, ucap Yohanes.
Prodi Pendidikan Matematika UAD berterima kasih atas saran para asesor dan berkomitmen menindaklanjutinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui asesmen lapangan, UAD menegaskan komitmennya dalam memperkuat mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Akreditasi ini diharapkan mendorong perbaikan tata kelola, memperluas kerja sama, dan menghasilkan lulusan yang kompetitif di tingkat nasional dan internasional.
(krln humas FKIP)