• INFO UAD
  • PMB UAD
  • ar
  • en
  • id
FKIP UAD
  • Home
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Pimpinan Fakultas
    • Program Studi
    • Tenaga Pengajar
  • 3P
    • Publikasi
      • Jurnal
    • Prosiding
    • Rilis Buku
    • Penelitian & Pengabdian
  • Akademik
    • Administrasi Evaluasi OBE
      • Sarjana
        • S-1 PBI
        • S-1 PBSI
        • S-1 BK
        • S-1 PPKN
        • S-1 PMAT
        • S-1 PFIS
        • S-1 PBIO
        • S-1 PGSD
        • S-1 PGPAUD
        • S-1 PVTO
        • S-1 PVTE
      • Magister
        • S-2 PFIS
        • S-2 PGV
        • S-2 PBI
        • S-2 MP
        • S-2 BK
        • S-2 PMAT
      • Doktoral
    • Kalender Mutu FKIP
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • E-Learning
    • Kurikulum
    • Laboratorium FKIP UAD
    • Road Map FKIP
  • Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Organisasi Mahasiswa
  • Alumni
    • Tracer Alumni
    • Insiprasi Alumni
  • Informasi
    • e-Counseling
    • Pelayanan
      • Peminjaman Ruang
      • Surat Menyurat Online
      • Surat Tugas Dosen
      • Legalisir Online
    • Kirim Berita
    • Pengumuman
    • Unduh
      • Form
      • Surat Keputusan Akademik
  • Admisi & PMB
    • Pendaftaran Mahasiswa Baru
    • Program FastTrack
  • Search
  • Menu Menu
pelatihan mindfulness

FKIP UAD Latih Guru Bangkok Tingkatkan Produktifitas dengan Mindfulness

10/03/2025/by Rizqa Tsaqila Aulia Haq

Dalam pembelajaran abad ke-21, guru memegang peran vital dalam memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Ketika guru meningkatkan produktivitas, kualitas pembelajaran pun ikut meningkat. Untuk menjaga hal tersebut, guru perlu menghindari stres dan tekanan. Oleh karena itu, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melatih guru-guru di Sasanupatham Bangkok, Thailand, dalam praktik mindfulness melalui program Pengabdian Internasional UAD.

Pelatihan ini berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 15–16 Februari 2025, di sekolah Sasanupatham Bangkok dengan tajuk Introducing Mindfulness Practice to Reduce Teachers’ Stress. Dr. Rohmatus Naini, M.Pd., dan Dr. Irvan Budhi Handaka, M.Pd., dari Program Studi Bimbingan Konseling (BK) serta Arilia Triyoga, S.S., M.Pd.B.I., dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) menyampaikan materi dalam kegiatan ini. Para peserta mengikuti pelatihan selama dua hari dalam tiga sesi per hari dengan jumlah peserta sebanyak 17 guru SMP Sasanupatham.

Pada hari pertama, manajemen sekolah, Fairoz Yupensuk, dan Ketua Tim Pengabdian Internasional, Dr. Rohmatus Naini, M.Pd., membuka kegiatan dengan sambutan. Dalam sambutannya, Fairoz Yupensuk mendorong para peserta untuk aktif dalam pelatihan ini. Sebagai bentuk apresiasi, sekolah memberikan penghargaan kepada tiga guru perempuan dan tiga guru laki-laki yang menunjukkan kinerja terbaik.

Selama pelatihan, para pemateri menjelaskan praktik mindfulness untuk mengurangi stres. Para peserta tampak aktif dan antusias mengikuti kegiatan ini. Rahmat, seorang guru bahasa Inggris, merasa bersyukur dan berterima kasih karena mendapatkan wawasan baru tentang mindfulness.

“Praktik mindfulness mengajarkan kita untuk mengelola diri agar terhindar dari stres. Selain itu, kita harus menyadari dan memahami kondisi stres yang kita alami,” ujarnya dengan antusias.

peserta pelatihan mindfulness

Peserta Pelatihan Mindulness di Bangkok

Dr. Rohmatus Naini menjelaskan bahwa latihan deep breathing menjadi salah satu bentuk implementasi dari praktik mindfulness. Menurutnya seorang pengajar perlu mereduksi stres agar lebih optimal dalam mengelola stress.

“Seorang pengajar perlu mereduksi stres agar lebih optimal dalam mengelola kelas. Pengajar harus memiliki kesadaran penuh (be mindful), mampu mengelola emosi diri, serta lebih fokus dan bermakna dalam beraktivitas. Pengajar dapat menerapkan praktik mindfulness kapan saja dan di mana saja melalui tiga aksioma utama, yaitu intention, attention, dan attitude. Para guru dapat melatih siswa dengan melakukan latihan pernapasan (deep breathing) bersama di kelas,” jelasnya.

Baca juga: FKIP UAD Berikan Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SMA Negeri 2 Playen

Stres dan produktivitas guru memiliki keterkaitan erat. Melalui program Pengabdian Internasional UAD di sekolah Sasanupatham, para guru dapat lebih sadar dalam mengendalikan diri sehingga mampu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas mereka.

(sf/ed:ql)

https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/Pelatihan-Mindfulness-di-Bangkok.jpg 540 969 Rizqa Tsaqila Aulia Haq https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-fkip.png Rizqa Tsaqila Aulia Haq2025-03-10 11:13:132025-03-10 11:13:13FKIP UAD Latih Guru Bangkok Tingkatkan Produktifitas dengan Mindfulness
You might also like
PRODI PGSD DAN PG PAUD UAD SABET JUARA III DALAM AEROBIC COMPETITION DI UNNES
koordinasiKoordinasi FKIP dan PG-PAUD Bahas Pengembangan Daycare dan Strategi PMB
educator forumEducator Forum #6 Bahas Creativity and Assessment in Learning
Pembekalan-PLP-II-2019-2P3K FKIP UAD ADAKAN PEMBEKALAN PLP II KEPADA MAHASISWA
PMat Goes to School: Pelatihan Canva untuk Guru SMA Muh 6 YK
pik-mBahas Toxic Friendship, PIK-M Sahabat Mentari UAD Adakan Sharing Asik

Cari

FKIP UAD

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : –
Faximille : 0274-564604
Email : info[at]fkip.uad.ac.id

Informasi Tentang

Universitas Ahmad dahlan

Portal Akademik

Calon Mahasiswa

Jadwal Kuliah

Kuliah Online

Journal @UAD

Digital Library

Repository

Conference @UAD

Statistik Pengunjung

  • 857210Total visitors:
  • 289Visitors today:
  • 3702Visitors per month:
  • 407Visitors per day:
  • 5Visitors currently online:

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

PGSD Gelar KMD 2025, Tingkatkan Kompetensi Pembina PramukaPGSD Resmi Buka KMD 2025 Tingkatkan Kompetensi Pembina Pramukaakreditasi aqas5 Prodi FKIP UAD Raih Akreditasi Internasional AQAS
Scroll to top