pgsdPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta dan UKM Pramuka UAD Gerakan Pramuka Gugus Depan Yogyakarta 1151-1512 adakan Kursus Mahir Dasar (KMD). Kursus Mahir Dasar merupakan kursus kepramukaan tingkat dasar bagi calon pembina pramuka. Kegiatan KMD telah sukses digelar dengan 2 gelombang yakni gelombang pertama diikuti 181 mahasiswa (12-19/2/2016) dan gelombang kedua 151 mahasiswa (21-27/2/2016). Kursus tersebut diikuti oleh mahasiswa angkatan 2014/2015. yang dilaksanakan di Kampus 3, Jl. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta dan bumi perkemahan Ambarbinangun, Kasihan, Bantul.

Kegiatan KMD diawali dengan upacara pembukaan KMD yang dilaksanakan di Kampus 3 UAD. Kegiatan kursus selama 5 hari mahasiswa mendapatkan pengalaman pendidikan kepramukaan dan pengembangan pramuka. Materi diberikan kepada peserta kursus dalam bentuk teori dan praktek sehingga mahasiswa dapat memahami penerapannya secara langsung. Puncak kegiatan KMD berakhir dengan kemah yang dilakukan satu hari satu malam di Buper (Bumi Perkemahan) Ambarbinangun.

Aprida Agung Priambadha, M.Or. selaku dosen pendamping menyampaikan bahwa Kursus Mahir Dasar ini sebagai bahan bekal untuk mahasiswa. Harapannya setelah lulus nanti mahasiswa dapat membina pramuka di SD dan aplikasi pramuka itu sangat penting diberbagai kehidupan sehingga mahasiswa PGSD punya bekal yang cukup. Selain itu, tujuan KMD adalah memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.

Rera Venika Vindaswari peserta KMD mengaku senang mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang sebelumnya belum pernah mendapatkan kursus. Rera mahasiswa semester 4 ini berharap semoga KMD tahun depan dapat dilaksanakan lebih baik lagi. Hal senada juga disampaikan Nurul Eka, sangat senang mengikuti KMD kali ini. KMD membekali kami untuk menjadi pembina pramuka saat lulus nanti sehingga kami memiliki ketrampilan dasar yang harus dikuasai. (ER-H5)