PLSDa

LPPM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada Kamis (21/3) sukses melaunching PSLDa (Pusat Studi dan Layanan Difabel) dan Seminar “Akseptabilitas dan Aksesabilitas Mahasiswa Berkebutuhan Khusus: Menuju Kampus yang Inklusif”, acara dilaksanakan pada ruang Meeting Room Kampus 2 Unit B. Hasil wawancara dengan Kepala Pusat Studi Layanan Difabel Nurul Hidayati Rofi’ah, M. Pd mengenai tujuan terselenggaranya PSLDa adalah untuk memperluas kesempatan dan meningkatkan mutu pendidikan khusus dan layanan khusus bagi mahasiswa difabel di Perguruan Tinggi, sesuai dengan visinya yakni membangun lingkungan Universitas Ahmad Dahlan yang ramah dan aksesabel terhadap difabel dalam mewujudkan masyarakat yang inklusif, seperti penyediaan ruang kelas yang dapat diakses mahasiswa atau orang berkebutuhan khusus.

PLSDa

Pada awal acara ditampilkan pertunjukan seni dari SLB PGRI Minggir Sleman. Seminar ini membahas tentang kebijakan Permen Kemenristek Dikti No 46 Tahun 2017 dalam implementasi Perguruan Tinggi yang Inklusif serta penerimaan diri terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus. Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UAD Dr. Widodo M.Si, dengan Pembicara materi Dr. Edi Purwanto, M.Pd. (Wakil Rektor II UNY) dan Dr. Arif Maftuhin M. Ag. MALS (dosen UIN Sunan Kalijaga), acara di pandu oleh Ragil Kurniawan, M.Pd selaku moderator seminar.

Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLDa-UAD) merupakan pusat studi yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD. Tim inisiator atau pengusung dari pusat studi ini diantaranya adalah Nurul Hidayati Rofi’ah, M. Pd (Dosen PGSD) selaku Kepala Pusat Studi Layanan Difabel, Muya Barida, M.Pd (Dosen BK) selaku sekretaris dan ketua bidang layanan mahasiswa berkebutuhan khusus, dan Meita Fitrianawati, M. Pd (Dosen PGSD) selaku bidang studi pendidikan khusus dan inklusif serta Satrianawati, M. Pd (Dosen PGSD) selaku bidang layanan anak berkebutuhan khusus. Nurul Hidayati Rofi’ah, M.Pd menyampaikan harapan kedepan dengan terbentuknya PSLDa adalah akan terlaksananya kolaborasi yang baik dalam berbagai prodi di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan, misalnya seperti Prodi PAI terkait materi fikih difabel mengenai mekanisme teknik pembuatan dan penciptaan assesment sehingga kedepannya memudahkan akses untuk banyak pihak tentunya. (FS-Humas 5)