Kuliah Pakar PBio UAD: Strategi Implementasi Deep Learning di Kelas
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD menggelar Kuliah Pakar Deep Learning bertema “Konsep dan Implementasi Pendekatan Deep Learning” di Ruang Educator Hall, Lt.7, Kampus 4 UAD. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Laily Amin Fajriyah, M.Pd., dari SMP N 5 Panggang Gunungkidul.
Peserta adalah mahasiswa PBio dari semua angkatan. Sebelum acara dimulai, Leli Fatmawati memimpin sesi tadarus bersama. Setelah itu, seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, dan Mars UAD secara khidmat.
Dr. Nani Aprilia, M.Pd., Ketua Program Studi PBio, menyampaikan sambutan dan menegaskan tujuan kegiatan ini untuk membekali mahasiswa PLP 1 dan PLP 2 dengan pemahaman menyeluruh tentang Deep Learning. Ia mendorong mahasiswa menguasai konsep, prinsip, dan pengalaman belajar secara utuh.
Nani juga menekankan pentingnya keterampilan menyusun modul ajar dan RPP berbasis Deep Learning sebelum mahasiswa terjun ke sekolah sebagai calon guru.

Dr. Nani Aprilia, M.Pd., Ketua Program Studi PBio saat memberikan sambutan
Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa yang akan melaksanakan PLP 1 dan PLP 2 dengan pemahaman menyeluruh tentang Deep Learning. Mahasiswa diharapkan memahami mulai dari konsep, prinsip, pengalaman belajar, hingga penyusunan modul ajar dan RPP berbasis Deep Learning, sebelum nantinya terjun ke sekolah sebagai calon guru. ungkap Nani.
Pada sesi inti, Laily memaparkan materi mengenai Deep Learning yang mencakup pengertian, prinsip, pengalaman belajar, hingga kerangka pembelajaran. Ia menyampaikan materi secara interaktif dan aplikatif, serta memberikan contoh nyata penerapan Deep Learning di kelas.

Kuliah Pakar Deep Learning bertema “Konsep dan Implementasi Pendekatan Deep Learning”
Kuliah pakar ini memberi mahasiswa kesempatan mengeksplorasi penerapan Deep Learning sebagai pendekatan pembelajaran yang relevan di era pendidikan abad ke-21. Salah satu peserta, Risky Umi, mengaku pengetahuannya tentang Deep Learning semakin luas dan mendalam. Ia juga menegaskan bahwa wawasan baru ini sangat bermanfaat untuk menyiapkan strategi pembelajaran yang relevan dan bermakna ketika ia menjadi guru kelak.
Dengan adanya kuliah pakar ini, pengetahuan saya mengenai pembelajaran Deep Learning semakin luas dan mendalam. Saya mendapatkan wawasan baru yang sangat bermanfaat, khususnya dalam menyiapkan strategi pembelajaran yang relevan dan bermakna ketika saya nantinya menjadi seorang guru. ungkap Risky.
Program Studi Pendidikan Biologi UAD terus membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21. Melalui kuliah pakar ini, prodi mendorong mahasiswa menguasai dan menerapkan pendekatan Deep Learning secara efektif di ruang kelas.
(rhp/ed: krln)