Kuliah Umum FKIP UAD

FKIP UAD Yogyakarta (13/03/2021) – Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Menumbuhkan Jiwa Leadership dari Kampus. Kurang lebih 2000 peserta kuliah umum mengikuti kuliah umum melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube Universitas Ahmad Dahlan. Anies Baswedan, Ph.D., Giubernur DKI Jakarta hadir sebagai Narasumber.

“Semoga bisa mendapatkan ilmunya, baik dari Pak Rektor maupun Pak Anies. Khususnya tentang kepemimpinan di bidang Keguruan dan Pendidikan” ucap Dr. Trikinasih Handayani, M.Si.

Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T. juga turut menjadi keynote speaker dalam kuliah umum. Beliau berbicara mengenai Kiprah UAD dalam Mencetak Kader Bangsa. UAD sedang mengembangkan BEST (Berkemajuan, Sinergi, dan Tebar manfaat). Rektor UAD berharap agar seluruh mahasiswa memiliki sifat yang visioner dan memiliki jiwa kepemimpinan dengan mengikuti berbagai kegiatan kampus.

“Setiap pemimpin adalah pendidik dan setiap pendidik adalah pemimpin. Tidak ada peran kepemimpinan tanpa unsur kependidikan” terang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) 2014—2016 itu ketika menyampaikan materi inti kuliah umum. Seorang pemimpin bukan ditandai oleh jabatan, akan tetapi ditandai dengan hadirnya pengikut. Seseorang yang memiliki pengikut tentu saja mendapat kepercayaan yang besar dan berkompeten.

Kampus bukan wadah pembentuk pemimpin, tetapi sebagai wadah penumbuhan pemimpin. Terlibatlah dalam berbagai kegiatan dan jangan hanya mengejar jabatan. Semakin banyak kita terlibat aktivitas, maka proses pembentukan karakter akan semakin baik. Begitu pesan Anies Rosyid Baswedan, S.E.,M.P.P,Ph.D. di akhir pemaparannya. (DF)

Kuliah Umum FKIP UAD Kuliah Umum FKIP UAD Kuliah Umum FKIP UAD