PVTE UAD Dorong Ketercapaian CPL Lewat Kurikulum OBE
Workshop Penerapan Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) di Program Studi Pendidikan Elektronika dan Informatika (PVTE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah sukses berlangsung. Acara ini merupakan bagian dari Workshop Peningkatan Mutu pada Senin(26/2). Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Ika Maryani, M.Pd., dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tema yang Dr. Ika bawakan adalah “Kurikulum OBE untuk Meningkatkan Ketercapaian CPL dan Kesesuaian dengan MBKM”.
Workshop ini merupakan upaya dari PVTE FKIP UAD untuk memperkuat kualitas pendidikan. Selain itu, juga untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Dalam sambutannya, Barry Nur Setyanto, M.Pd., Ketua Program Studi PVTE FKIP UAD, menggarisbawahi pentingnya Kurikulum OBE sebagai langkah strategis dalam menghadapi perubahan dinamika pendidikan tinggi.
“Dengan mengadopsi Kurikulum OBE, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang kami berikan. Serta memastikan mahasiswa kami siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks,” ujar Barry.
Dalam sesi presentasi, Dr. Ika menjelaskan konsep dasar dan implementasi Kurikulum OBE. Beliau menyoroti bagaimana pendekatan ini dapat menjadi landasan yang jelas dan terukur dalam proses pembelajaran. Kurikulum ini juga dapat memungkinkan dosen untuk merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Menyediakan konteks yang bermakna bagi mahasiswa adalah salah satu aspek penting dari Kurikulum OBE. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan ketercapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).
Para peserta workshop, yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan PVTE FKIP UAD, secara aktif terlibat dalam diskusi. Mereka mengeksplorasi berbagai strategi dan praktik terbaik untuk mengukur dan meningkatkan ketercapaian CPL mahasiswa. Selain itu, juga strategi menjaga kesesuaian kurikulum dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Workshop ini menjadi langkah awal yang berarti dalam pengembangan kurikulum yang adaptif. Selain itu, juga menandai komitmen PVTE FKIP UAD untuk mempersiapkan generasi mendatang yang kompeten.
(dh/ed:ql)