Pengabdian ke Songkhla-Thailand, Kaprodi PGPAUD UAD Beri Pelatihan STEAM di Moslemeen School
Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dr. Riana Mashar, M.Si., Psikolog telah melakukan kegiatan pengabdian di Songkhla, Thailand. Bersama dengan beberapa dosen dari Universitas PGRI Yogyakarta, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 1-3 Agustus 2023. Riana Mashar dan tim pengabdian memberikan pelatihan berupa implementasi Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) di Moslemeen School.
Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya kolaborasi sesama muslim dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD. Yayasan Mosleemeen sendiri memiliki layanan dari Taman Asuh (nursery) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam pembelajaran di Taman Asuh dan Taman Kanak-kanak, para guru masih berfokus pada pembelajaran berbasis paper pencil based learning yaitu penggunaan kertas dan pensil. Kondisi ini mendorong tim pengabdian untuk menguatkan pembelajaran bagi Anak Usia Dini (AUD) yang sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhan anak.
“Penerimaan yang terbuka dan kemauan belajar dari guru-guru yayasan Al Moslemeen menjadi fondasi penting keberhasilan proses pengabdian”, ujar Riana mengenai kesan yang ia dapat dari pengabdian ini.
Riana menambahkan bahwa kegiatan ini memberi pemahaman penting mengenai pembelajaran STEAM dan implementasi teknologi dalam pembelajaran PAUD.
“Harapannya kita dapat mengadakan kembali kegiatan pengabdian seperti ini sehingga selain berbagi manfaat dengan sesama juga dapat meningkatkan luaran yang dipublikasikan bersama”, tutupnya.
Asia Tenggara, khususnya dalam dunia pendidikan anak usia dini, masih menghadapi tantangan dalam mengadopsi praktik pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. Oleh karena itu, upaya kolaboratif yang Riana Mashar dan tim lakukan sangatlah penting. Keberhasilan langkah ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi lembaga pendidikan lainnya. Selain itu, kegiatan ini dapat merangsang adopsi metode pembelajaran yang lebih modern dan efektif sesuai dengan perkembangan anak.
(ql Humas FKIP UAD)