Baitul Arqom Ormawa FKIP UAD 2021

FKIP UAD Yogyakarta (10/04/2021) – Penuhi fungsi pengaderan Ormawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP UAD) laksanakan Baitul Arqom. Kegiatan ini mengusung tema Meneguhkan Ideologi Kader Muhammadiyah: Sinergi Masa Depan Berkeadaban. Dilaksanakan melalui ruang virtual Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube FKIP UAD OFFICIAL.
“Bagian dari misi PTMA adalah menyiapkan kader umat, persyarikatan, dan bangsa. UAD bagian dari PTMA, melalui Bitul Arqom menyiapkan Ormawa untuk menjadi peolopor gerakan di bidang pendidikan maupun di bidang dakwah” arahan Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Drs. Parjiman, M.Ag. mewakili Rektor UAD ketika membuka acara.
Salah satu pembahasan di kegiatan Baitul Arqom adalah mengenai akhlak berorganisasi dalam Muhammadiyah. Memelihara dan menyempurnakan Muhammadiyah menjadi tyanggung jawab semua kader. Agar Muhammadiyah tetap menjadi gerakan yang rahmatan lil ‘alamin. Tanggung jawab Ormawa dalam berorganisasi ialah wajib menjunjung tinggi akhlak maupun hal-hal yang mencirikan Muhammadiyah, seperti disiplin dan tepat waktu. Peningkatan kompetensi di bidang agama juga harus dilakukan.
Kegiatan hari pertama berlangsung pada 8/04/2021. Sesi 1 membahas Tauhid dalam Kehidupan. Disampaikan oleh Ustad Faturrohman Kamal (BPH/Majelis Tarjih PP Muhammadiyah). Dimoderatori oleh Sekprodi PGPAUD, Dwi Hastuti, M.Pd.I. Sesi 2 membahas Faham Agama dalam Muhammadiyah. Disampaikan oleh Ustad Anhar Ansori, Ph.D. (Kepala LPSI). Dimoderatori oleh Sekprodi PBSI, Wachid Eko Purwanto, M.A. Sesi 3 membahas MKCH dan AD/ART. Disampaikan oleh Dr. Untung Cahyono (MPK PP Muhammadiyah). Dimoderatori oleh Sekprodi PBI, Rahmi Munfangati, M.A. Sesi 4 membahas Tuntunan Ibadah Sesuai Majelis Tarjih. Disampaikan oleh Ustad Dr. Nurkholis, M.A. (Majelsi Tarjih PP Muhammadiyah). Dimoderatori oleh Sekpordi Pendidikan Fisika, Toni Kus Indratno, M.Pd.,Si.
Kegiatan hari kedua, 9/04/2021. Sesi 5 membahas (Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah) PHIWM. Disampaikan oleh Drs. Parjiman, M.Ag. (Wakil Rektor AIK UAD). Dimoderatori oleh Muhammad Ragil Kurniawan, M.Pd. Sesi 6 membahas Muhammadiyah sebagai Gerakan Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah. Disampaikan oleh Dr. Sayuti (Majelis Dikti PP Muhammadiyah). Dimoderatori oleh Sekprodi PPKn, Syifa Siti Aulia, M.Pd. Sesi 7 membahas PHIWM/Akhlak Berorganisasi dalam Muhammadiyah. Disampaikan oleh Hendra Dermawan, M.Pd. Dimoderatori oleh Sekprodi PGSD, Ika Maryani, M.Pd. Sesi 8 tentang Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah dalam Membangun Muhammadiyah dan Kontribusinya untuk Bangsa. Disampaikan oleh Dr. Hj. Norma Sari, M.Hum. (WR SDM/MPK PPA/PPM). Dimoderatori oleh Sekprodi Pendidikan Matematika, Dwi Astuti, M.Pd.
Kegiatan hari ketiga, 10/04/2021. Sesi 9 membahas tentang Menjaga Kesehatan Mental untuk Melejitkan Prestasi. Disampaikan oleh Dr. Khoiruddin Bahsori (Psikologi UAD). Dimoderatori oleh Sekprodi BK, Siti Muryana, M.Pd. Sesi 10 membahas Revitalisasi Peran Ormawa FKIP UAD sebagai Anak Panah Muhammadiyah. Disampaikan oleh Dr. Gatot Sugiharto, M.Hum. (Wakil Rektor Kemahasiswaan). Dimoderatori oleh Sekprodi Pendidikan Biologi, Yahya Hanafi, M.Sc. (DF)