ABKIN Seminar daring Nasional BK 2020

Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) bekerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Seminar Daring Nasional dengan tema“ Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik Dalam Konfigurasi Inovasi Bimbingan dan Konseling ”. Kegiatan seminar dilaksanakan tanggal 27 dan 28 Juni secara Daring dengan menggunakan Channel Youtube Universitas Ahmad Dahlan. Pada tanggal 27 Juni acara dimulai pukul 08.00 WIB.  Laporan Ketua Panitia  Dr. Amdani Sarjun, M.Pd, menyampaikan jumlah peserta terdaftar 1.414 peserta, Ketua Umum Pengurus Besar ABKIN Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd., memberikan apresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan membuka acara .

Pada hari pertama ini terbagi dalam 3 sesi pemaparan materi. Sesi 1 disampaikan oleh. Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. (Guru Besar Bimbingan dan Konseling UPI), Duta Besar Duta Besar RI untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kirgizstan. Beliau memaparkan “Memahami dan memetakan SKKPD dalan Inovasi Layanan BK”. Sesi Kedua Panel PadaProf. Dr. Syamsu Yusuf, M.Pd.(Guru Besar Bimbingan dan Konseling UPI) menyampaikan ”Memaknai ITP ATP Dalam pengembangan Lingkungan Perkembangan Peserta Didik” dan Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd. (Guru Besar Bimbingan dan Konseling UPI) menyampaikan “BK Komprehensif dlm pengembangan kemandirian peserta didik”. Pada sesi ketiga ada 2 pemateri menyampaikan secara panel yaitu Prof.Dr. Ahman,M.Pd.(Guru Besar Bimbingan dan Konseling UPI) memaparkan ”Telaah multikultural ITP ATP dlm pengembangan Inovasi BK” dan Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd., Kon Guru Besar Bimbingan dan Konseling UNNES memaparkan “BK Komprehensif dalam menjembatani Peserta Didik Memasuki PT dan Dunia kerja”. Pemaparan materi sangat menarik membuat peserta aktusias dalam belajar

Pada sesi kedua pemateri pemateri tidka kalah menarik, Pada sesi pertama, ada dua pemateri  yaitu Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd., Ketua ABKIN dan Guru Besar Bimbingan Konseling UNY beliau memaparkan  materi SKKPD Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling, kemudian di sambung Dr. Triyono, M.Pd. Sekjen PB ABKIN(Dosen Bimbingan dan Konseling UM) memaparkan “Asesmen Kebutuhan Anak dan Remaja Milenial”. Pada sesi kedua secara panel disampaikan Dr. Adi Atmoko, M.Si, Dosen Bimbingan dan Konseling UM “Layanan BK Blend learning untuk mengembangkan SKKPD”  kemudian di sambung Dr. Suwarjo, M.Si Dosen Bimbingan dan Konseling UNY dengan materi “”Dinamika Perkembangan individu antar Dekade: Peluang dan Tantangan bagi Riset”

Untuk menguatkan pengetahuan dan tindak lanjut peserta, panitia memberikan penugasan senilai 12 jam yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juni. Kegiatan berupa penugasan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan peserta. Kemudia refleksi berupa penyampaian uraian pesan, kesan dan rencana tindak lanjut peserta sehingga di harapkan kegiatan in ke depan lebih baik. Terima kasih partispasi aktf peserta. Semoga profesi bimbingan dan konseling semakin maju dan memberikan manfaat dalam pengembangan potensi peserta didik.

Beberapa foto pembicara saat melakukan Seminar Daring Nasional.

ABKIN Seminar daring Nasional BK 2020 -1

Daftar Peserta Seminar Daring Nasional