Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan kembali menyelenggarakan Seminar Nasional pada tanggal 9 Desember 2018. Seminar tahun ini mengusung tema Peran Pendidikan dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP UAD, Dr. Tri Kinasih Handayani, M.Si yang juga menyampaikan sebaran peserta yang berasal dari berbagai universitas baik jogja maupun luar jogja. Dekan FKIP juga menyampaikan peserta seminar mencapai 300 orang, dengan 50 pemakalah dan 264 non pemakalah.

Kegiatan yang bertempat di Audit Kampus 1 UAD ini menghadirkan 3 Pembicara, yang pertama adalah Prof. Suyanto, Ph.D, Ketua Majelis Guru Besar UNY. Beliau menyampaikan bahwa pendidikan untuk generasi milenial perlu mengikuti perkembangan karakteristik peserta didik. “Pendidik perlu mengemas proses pembelajaran berbasis kebutuhan generasi milenial contohnya adalah team oriented”, Jelasnya.

Pembicara kedua adalah Dr. Kasiyarno, M.Hum., Rektor Universitas Ahmad Dahlan sekaligus sebagai Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Bagi beliau, guru di era ini harus tahu internet dan keterampilan-keterampilan berbasis teknologi. “Guru harus tahu internet juga digital teknologi, peserta didik juga perlu digali keterampilan-keterampilan dasar yang mereka miliki”, terang Dr. Kasiyarno, M.Hum.

Sedangkan pembicara ketiga yaitu Muhammad Sayuti, Ph.D., Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengingatkan peserta yang sebagian besar adalah calon guru untuk tidak berhenti sampai memperoleh gelar S.Pd. “Era Revolusi 4.0 ini banyak pekerjaan manusia yang dikurangi atau bahkan hilang. Maka sebagai calon guru, jangan berhenti hanya dengan gelar S.Pd, terus lanjutkan pendidikan dan belajar hal-hal yang baru”, Pungkasnya.

Selain peserta seminar yang hadir sebagai pemakalah maupun non pemakalah, hadir juga Wakil Dekan FKIP dan Ketua-Ketua Program Studi di lingkungan FKIP UAD. Kegiatan seminar yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan ini juga dimeriahkan dengan tarian tradisional yang dibawakan oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UAD.  (H3)