Dr.-M.-Ardi-Kurniawan,-M.A

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD Muhammad Ardi Kurniawan, M.A. berhasil meraih gelar doktor setelah meneliti pengembangan materi kritik sastra berbasis web di Program Pascasarjana (PPs) UNY, Kamis (5/12). Ardi menulis disertasi berjudul “Pengembangan Materi Pembelajaran Kritik Sastra Berbasis Web” di bawah bimbingan Promotor Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. dan Ko-promotor Dr. Widyastuti Purbani, M.A.

Dr.-M.-Ardi-Kurniawan,-M.A

Dalam presentasinya, Ardi menjelaskan, materi pembelajaran kritik sastra berbasis web dikembangkan dengan menggunakan prinsip pembelajaran konstruktif, blended learning, inkuiri, berbasis proyek, mobile learning, dan berbasis web. “Secara umum, pengembangan produk materi pembelajaran kritik sastra berbasis web berhasil menghasilkan materi pembelajaran kritik sastra yang interaktif, menghasilkan aktivitas pembelajaran yang aktif, dan menghasilkan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran kritik sastra,” ujarnya.

Ditambahkan, produk yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran kritik sastra di berbagai program studi bahasa dan sastra di Indonesia. “Materi pembelajaran kritik sastra yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca teks sastra, memahami teori sastra, dan menulis kritik sastra,” terangnya.

Dr.-M.-Ardi-Kurniawan,-M.A

Ardi dinyatakan lulus dari Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) PPs UNY dengan predikat “sangat memuaskan”. Dia dinyatakan sebagai Doktor ke-530 UNY dan ke-14 IPB PPs UNY. Hadir Dekan FKIP UAD Dr. Trikinasih Handayani, M.Si., Kaprodi PBSI FKIP UAD Roni Sulistiyono, M.Pd., dan sejumlah kolega dosen Prodi PBSI FKIP UAD. (SDY)