Workshop UPPS FKIP: Persiapkan Akreditasi PMat dan PBSI
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Workshop Unit Pengelola Program Studi (UPPS) pada Selasa (21/1). Kegiatan tersebut bertempat di Educators Hall FKIP, Kampus UAD. Workshop ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan berkas akreditasi. Dalam waktu dekat, terdapat dua program studi yang akan bersiap mengajukan berkas. Keduanya yaitu Program Studi Pendidikan Matematika (PMat) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).
Hadir pada kegiatan ini Wakil Dekan FKIP UAD, Wakil Dekan II FKIP UAD, tim UPPS, serta dosen dari kedua program studi terkait. Dalam sambutannya, Wakil Dekan II FKIP UAD, Dr. Ani Susanti, M.Pd.BI., menekankan pentingnya persiapan yang matang agar data borang yang mereka ajukan selaras dan sesuai dengan standar akreditasi.
“Target kami di fakultas adalah memastikan adanya komunikasi yang baik antara tim prodi dan tim fakultas, terutama dalam penyelarasan data dan dokumen kuantitatif,” ujar Ani.
Ia juga menjelaskan bahwa fakultas memiliki data yang perlu mereka sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing program studi sebelum maju dalam proses akreditasi.

Wakil Dekan II FKIP UAD, Dr. Ani Susanti, M.Pd.BI (Foto: Humas FKIP UAD)
“Kesan pertama asesor terhadap borang UPPS sangat menentukan. Oleh karena itu, kami berharap hari ini ada laporan dari prodi mengenai dokumen yang telah dikunci, sehingga tim UPPS dapat menyesuaikan dengan baik,” tambahnya.
Dalam workshop ini, peserta terbagi menjadi 9 kelompok sesuai dengan kriteria penyusunan borang. Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menyusun dokumen berdasarkan kriteria borang, kemudian mempresentasikan hasilnya.
Baca juga: Tingkatkan Kualitas Akreditasi Prodi, FKIP UAD Gelar Workshop UPPS
Dengan adanya workshop ini, FKIP UAD berharap kedua program studi tersebut dapat meraih akreditasi terbaik. Pencapaian ini harapannya tidak hanya meningkatkan kualitas akademik, tetapi juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa, lulusan, serta institusi secara keseluruhan.
(qila)