Dalam rangka memenuhi Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Seni Budaya dan Prakarya (SBK) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pameran dengan tema “The Meaningful (Penuh Arti)” (18-20/1/2017). Hendy Dwi Cahyo selaku kurator dalam pameran ini mengungkapkan bahwa diambil tema tersebut karena ingin menunjukkan kepada para pengunjung bahwa karya-karya tersebut menggambarkan kehidupan manusia kini. “Berdasarkan pameran kloter 1 kami melihat bahwa ada makna tersendiri yaitu keindahan, dan masing-masing karyanya memiliki arti. Maka di kloter 2 ini kami menyimpulkan bahwa masing-masing karya memiliki makna/ arti, dan kami mengangkatnya dalam kehidupan manusia kini,” ungkapnya. Hendy berharap dengan adanya pameran SBK ini mahasiswa lainnya (pengunjung) dapat memiliki ide-ide pengembang karya seni lainnya.

“Karya atau pameran ini adalah karya instalasi, di mana instalasi adalah hasil perkembangan dari seni patung, memiliki panjang, lebar, dan tinggi (3 dimensi), serta sifatnya lebih bebas,” imbuh Fery Setyaningrum, M.Pd., selaku dosen mata kuliah SBK (kelas B) saat ditemui di pameran tersebut.

Dosen pengampu mata kuliah SBK tersebut berharap dengan adanya pameran tersebut dapat menjadi ruang untuk berapresiasi dan berekspresi. “Harapannya menjadi tonggak awal yang kemudian memberikan imajinasi dan ide-ide kepada mahasiswa lain yang belum mengambil mata kuliah ini (SBK), juga untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas mahasiswa khususnya dalam berkesenian, dalam hal seni kesenirupa-an yang lebih berkelanjutan sebagai geliat mereka agar lebih semangat lagi dalam berkarya,” ungkapnya dengan semangat. (H5)