IMG_9113-minProgram Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Ahmad Dahlan kembali mengadakan Seminar Nasional Quantum 2016 bertemakan Penguatan Fisika Fundamental untuk Membentuk Karakter Ilmuwan Muda yang Siap Bersaing di MEA. Acara dilaksanakan pada hari Ahad, 18 Desember 2016 bertempat di Auditorium Utama Kampus III UAD (Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Warungboto, Yogyakarta). Kegiatan tersebut diikuti oleh 279 peserta baik sebagai pemakalah maupun non pemakalah dari berbagai daerah yaitu Yogyakarta, Salatiga, Semarang, Malang, Surabaya, Bandung, Jakarta bahkan dari Lubuk Lingau Sumatera Selatan.

Acara dibuka pukul 08.00 WIB oleh wakil rektor 1 Universitas Ahmad Dahlan, Dr. Muchlas, M.T. Seminar kali ini menghadirkan 3 pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. Mikrajuddin Abdullah dari Fisika FMIPA ITB yang membahas Fisika dan Imajinasi, Prof. Dr. Kamsul Abraha dari Fisika FMIPA UGM dengan tema presentasi Peran kegiatan olimpiade dalam membentuk karakter, dan Drs. Ishafit,M.Si. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UAD dengan tema presentasi Pembentukan karakter ilmuwan muda melalui eksperimen fisika sederhana.

Menurut Dian Artha K, M.Pd.Si selaku Kaprodi Pendidikan Fisika dalam sambutannya meyampaikan bahwa seminar tersebut merupakan bentuk diskusi bertaraf nasional yang mengangkat isu-isu terhangat yang terjadi di dunia pendidikan pada umumnya, dan dunia sains fisika khususnya. Dengan narasumber yang benar-benar berkompeten di bidangnya. “Kami mendorong Seminar Nasional Quantum 2016 menjadi momentum strategis untuk membangkitkan kembali semangat fisikawan muda Indonesia yang siap bersaing di MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)” ujarnya.

Bersamaan dengan seminar paralel yang dilakukan siang hari setelah seminar utama, pendidikan Fisika UAD juga mengadakan TEMU ALUMNI yang bertempat di ruang 206 kampus 3 UAD. Alumni yang hadir cukup banyak sekitar 70 orang mulai dari tahun 1985 sampai alumni baru tahun 2014. Menurut Ketua Panitia Temu Alumni Drs. Ishafit, M.Si., tema kegiatan tersebut adalah Merajut Kisah, Menguntai Mimpi untuk Menjalin Silaturahmi. Hadir alumni dari Cilacap bahkan dari Mataram NTB. Kegiatan ini diikuti dengan penyerahan sumbangan dari alumni berupa mukena, buku dan dana pengembangan prodi. (H3)