2 Dosen FKIP Jadi Pemateri Workshop Pembelajaran Inovatif di Madiun
Dua orang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP UAD), Drs. Ishafit, M.Si dan Rachmad Resmiyanto, S.Si, menjadi pemateri workshop Pembelajaran Inovatif Berbasis ICT di SMA N 2 Madiun Sabtu 24 September 2011. Ishafit merupakan Dekan FKIP dan Rachmad Resmiyanto merupakan Kepala Laboratorium Teknologi Pembelajaran Sains (Kalab LTPS). Keduanya ditemani oleh staf LTPS, Toni Kus Indratno, sebagai asisten dan tim dokumentasi kegiatan.
Workshop diselenggarakan oleh SMA N 2 Madiun yang beralamat di Jalan Bliton 2 Madiun. SMA N 2 Madiun merupakan salah satu Rintisan SMA Bertaraf Internasional di Madiun. Workshop pembelajaran inovatif ini diikuti oleh 30 orang guru dari berbagai mata pelajaran.
Dalam prolognya, Ishafit menyatakan bahwa apa yang selama ini dikembangkan di FKIP UAD khususnya Lab Teknologi Pembelajaran Sains selalu berdasarkan minat keilmuan dulu. “Semua itu dasarnya senang, asalkan kita sudah senang dulu maka semuanya akan terasa mudah,” kata Ishafit.
Dalam workshop ini, para guru dilatih untuk membuat media pembelajaran secara mudah dengan perangkat lunak yang gratis dan mudah operasionalnya, EXelearning. Exe merupakan program sederhana yang memang didesain untuk membuat laman pembelajaran bagi guru-guru dan praktisi pendidikan.
Guru juga diperkenalkan bahwa perangkat lunak perkantoran MS Office seperti Power Point dan Excel sebenarnya dapat dioptimalkan untuk membuat media pembelajaran yang penuh tenaga. “Excel yang biasanya hanya kita gunakan untuk menghitung dalam akuntansi sebenarnya dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang luar biasa,” papar Rachmad.
Workshop ini mendapat apresiasi yang bagus dari Kepala Sekolah, Drs. Heru Patriawan. Ia menyatakan tertarik dengan pernyataan Rachmad bahwa ternyata MS Office itu bisa dikembangkan untuk media pembelajaran. “Daripada kita menggunakan software lain, kita perlu belajar lagi. Ini hanya kita kurang mendalami saja,” kata Heru dalam penutupan workshop. (*)