FKIP Dorong Prodi Perkuat Posisi dan Tingkatkan Daya Saing
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Workshop Positioning Program Studi S1 pada Selasa(22/10). Kegiatan tersebut bertempat di Lab. Multimedia Gedung Laboratorium Terpadu Kampus 4 UAD dan diinisiasi oleh Tim Humas dan Promosi FKIP UAD. Workshop ini bertujuan untuk memperkuat posisi dan daya saing program studi FKIP, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Koordinator Tim Humas dan Promosi FKIP UAD, Syariful Fahmi, menekankan pentingnya memiliki positioning yang kuat dalam menghadapi persaingan pendidikan. Ia menyoroti bahwa dengan strategi yang tepat, FKIP dapat memaksimalkan potensi untuk menghadapi globalisasi pendidikan.
“Penting kita harus paham strategi dan posisi untuk menarik minat mahasiswa. Kita harus memaksimalkan potensi dan peluang yang ada,” ujar Fahmi.
FKIP menghadirkan Prayudha, M.A., dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UAD, sebagai narasumber. Prayudha, dengan pengalamannya melakukan positioning pada program studinya, berkesempatan membagikan strategi kepada para peserta. Ia menerangkan strategi dan teknik positioning yang efektif bagi program studi agar lebih banyak yang kenal dan minat.
Selain itu, Prayudha juga mengajak peserta untuk menganalisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) program studi masing-masing. Melalui analisis SWOT ini, Prayudha mengajak peserta untuk melakukan re-branding program studi. Prayudha menyampaikan pentingnya marketing berbasis data, termasuk analisis sebaran dan demografis mahasiswa. Ia juga menekankan agar setiap program studi cermat dalam memilih platform media sosial yang sesuai untuk kegiatan digital marketing di bidang pendidikan. Pemilihan platform yang tepat tersebut bertujuan agar pemasaran lebih efektif dan efisien.
“Cermat memilih media sosial dalam digital marketing jasa pendidikan,” ungkap Prayudha.
Melalui workshop ini, harapannya peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang strategi dalam membangun citra program studi yang positif dan kompetitif. Acara ini juga menjadi ajang diskusi aktif untuk membahas cara-cara inovatif dalam meningkatkan branding dan daya saing program studi FKIP, baik melalui pengelolaan media sosial maupun kegiatan promosi lainnya.
Baca juga: FKIP UAD Sambut Kunjungan SMA IT Al-Huda Wonogiri
(ql)