PKM UAD: Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Media Digital!
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UAD memberikan kontribusi positif pada dunia pendidikan. Salah satunya dengan mengadakan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital di SMP Ponjong Gunungkidul (23/12). Kegiatan ini merupakan komitmen dosen UAD dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pengabdian.
Tiga dosen PBSI, Ariesty Fujiastuti, M.Pd, Dr. Purwati Zisca Diana, M.Pd., dan Dr. Triwati Rahayu, M.Hum., menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Ketua Tim, Ariesty mengungkapkan pelatihan ini akan memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Sehingga keterampilan guru untuk memanfaatkan teknologi digital semakin meningkat.
“Kami sangat mengapresiasi semangat para guru dan dukungan daripihak sekolah. Komitmen seperti ini menunjukkan bahwa kita dapat bersama-sama menciptakan perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran yang lebih kreatif dan bermakna,” ungkapnya.
Perkembangan teknologi mempengaruhui berbagai aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Dalam konteks ini, penggunaan media pembelajaran berbasis digital sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kegiatan semacam ini bisa menginspirasi para guru untuk lebih kreatif dalam merancang media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik siswa.
Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Ponjong, Ika Kurniawati, S.Pd., M.Pd.B.I., juga memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini. Dengan adanya pelatihan ini semoga dapat meperkaya metode pengajaran guru dan membantu siswa memahami materi pelajaran.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru kami, terutama dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital dan keterbatasan kami dalam akses terkait ilmu dan praktik baik langsung tentang penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk mendukung profesionalisme guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa.
Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat memfasilitasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, meningkatkan keterampilan digital mereka, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia yang semakin terdigitalisasi.
(denik/ed: isnanisha)