FKIP Bagikan Strategi Pembelajaran Menyenangkan di SMA Negeri 11 Yogyakarta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) hadir sebagai narasumber dalam Seminar Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Guru di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Sebanyak 40 guru dari berbagai mata pelajaran hadir pada kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Kepala Sekolah, Tri Ismiyati, M.Pd., mengapresiasi atas kerja sama sekolah dengan FKIP UAD. Ia berharap melalui acara ini dapat memberikan wawasan baru bagi guru-guru.

Kepala SMA Negeri 11 Yogyakarta, Tri Ismiyati, M.Pd. (Foto: Humas FKIP UAD)
“Terima kasih atas kerjasamanya. Semoga nanti kami, bapak dan ibu guru SMA Negeri 11 Yogyakarta, bisa mendapatkan tambahan wawasan dan ilmu terkait pembelajaran yang menyenangkan yang bisa kami terapkan di kelas,” ujar Tri dalam sambutannya.
Pembelajaran Yang Menyenangkan
Dr. Muhammad Zuhaery S.Ag., M.A., dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD, menjadi pembicara utama dalam seminar tersebut. Dalam paparannya, Zuhaery menekankan pentingnya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif agar siswa lebih termotivasi dan aktif dalam proses pembelajaran.
Menurutnya, pendidikan adalah transfer sebuah value, knowledge, dan culture untuk membangun pribadi manusia agar mempunyai nilai yang bermartabat. Ia menjelaskan bahwa pembelajaran yang efektif harus melibatkan tiga aspek utama: apa yang siswa lihat, dengar, dan rasakan. Oleh karena itu, guru harus menjadi contoh yang baik bagi siswa. Hal itu tidak hanya dalam penyampaian materi, tetapi juga dalam sikap dan nilai-nilai yang ditanamkan.

Dr. Muhammad Zuhaery S.Ag., M.A. (Foto: Humas FKIP UAD)
“Jangan sampai kita salah langkah. Tujuan pendidikan adalah memberikan contoh kepada anak-anak kita. Tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga memberikan pemahaman kepada para siswa. Bukan hanya transfer knowledge, tetapi juga nilai-nilainya,” tegas Zuhaery
Dr. Zuhaery juga memaparkan lima elemen kunci dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan:
- Keterlibatan Aktif: Siswa harus terlibat secara aktif dalam proses belajar.
- Variasi Metode Pembelajaran: Penggunaan metode yang beragam untuk menjaga minat siswa.
- Lingkungan Positif: Menciptakan suasana kelas yang mendukung dan tidak menekan.
- Reward dan Feedback: Memberikan apresiasi dan umpan balik yang membangun.
- Keterhubungan dengan Minat Siswa: Materi pembelajaran harus relevan dengan minat dan kebutuhan siswa.
“Jadilah guru yang menyenangkan, mulai dari raut wajah, cara berbicara, hingga penampilan. Jangan memutus kreativitas siswa, tetapi arahkan dan tingkatkan potensi mereka,” pesan Zuhaery di akhir sesi.
Para peserta seminar terlihat antusias mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab. Edy Widyanta Hidayat Ikhsan, salah satu guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 11 Yogyakarta, menyatakan kesetujuannya terhadap pentingnya guru menjadi figur yang menyenangkan.
“Guru harus memulai dari diri sendiri. Dalam kondisi apa pun, kita harus tetap tersenyum dan menciptakan suasana positif. Namun, guru juga harus dihormati sebagai manusia,” ungkap Edy.
Selain itu, ia yang juga membagikan pengalamannya menggunakan pendekatan seni, seperti menyanyi dan bermain musik, untuk memulai pembelajaran.
“Kebetulan saya suka seni. Jadi saya awali pembelajaran dengan menyanyi atau bermain musik, baru masuk ke materi pembelajaran. Guru memang harus menyenangkan, dari diri sendiri dahulu, dalam kondisi apapun harus senyum cerita. Tapi guru juga harus dianggap sebagai manusia, dihormati,” ungkap Edy.

Peserta Seminar (Foto: Humas FKIP UAD)
Program Studi Magister
Selain penyampaian materi, FKIP UAD juga menghadirkan Dr. Dian Hidayati, M.M., selaku Tim Humas dan Promosi FKIP UAD, untuk mengenalkan program studi magister di FKIP UAD. FKIP memiliki 6 program studi magister, yaitu:
- Magister Manajemen Pendidikan.
- Magister Pendidikan Bahasa Inggris.
- Magister Pendidikan Matematika.
- Magister Pendidikan Guru Vokasi.
- Magister Pendidikan Fisika.
- Magister Bimbingan dan Konseling.
Melalui kegiatan ini, FKIP UAD terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya melalui pemberdayaan guru. Harapannya, kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah seperti ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan generasi penerus yang lebih berkualitas.
Seminar untuk guru ini merupakan program kerja Tim Humas dan Promosi FKIP UAD.
Hubungi kami untuk mendapatkan kesempatan yang sama:
FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
📍 Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Yogyakarta
📞 0813-2873-5393 (Fahmi) | 0856-1991-960 (Hotline Humas)
(qila)