• INFO UAD
  • PMB UAD
  • ar
  • en
  • id
FKIP UAD
  • Home
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Pimpinan Fakultas
    • Program Studi
    • Tenaga Pengajar
  • 3P
    • Publikasi
      • Jurnal
    • Prosiding
    • Rilis Buku
    • Penelitian & Pengabdian
  • Akademik
    • Administrasi Evaluasi OBE
      • Sarjana
        • S-1 PBI
        • S-1 PBSI
        • S-1 BK
        • S-1 PPKN
        • S-1 PMAT
        • S-1 PFIS
        • S-1 PBIO
        • S-1 PGSD
        • S-1 PGPAUD
        • S-1 PVTO
        • S-1 PVTE
      • Magister
        • S-2 PFIS
        • S-2 PGV
        • S-2 PBI
        • S-2 MP
        • S-2 BK
        • S-2 PMAT
      • Doktoral
    • Kalender Mutu FKIP
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • E-Learning
    • Kurikulum
    • Laboratorium FKIP UAD
    • Road Map FKIP
  • Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Organisasi Mahasiswa
  • Alumni
    • Tracer Alumni
    • Insiprasi Alumni
  • Informasi
    • e-Counseling
    • Pelayanan
      • Peminjaman Ruang
      • Surat Menyurat Online
      • Surat Tugas Dosen
      • Legalisir Online
    • Kirim Berita
    • Pengumuman
    • Unduh
      • Form
      • Surat Keputusan Akademik
  • Admisi & PMB
    • Pendaftaran Mahasiswa Baru
    • Program FastTrack
  • Search
  • Menu Menu

FKIP UAD Gelar Workshop Internasional: Mentoring Kunci Self-Regulated Learning

06/03/2025/by Isnanisha Karlina

Tim Pengabdian Masyarakat Internasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD menyelenggarakan workshop bertajuk “Introducing Mentoring to Improve Self-Regulated Learning Teacher to Promote 21st Century Skills” sebagai bagian dari upaya meningkatkan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran yang lebih mandiri. Tim pengabdian melaksanakan workshop ini secara daring pada 22-23 Februari 2025 dan mengikutsertakan 27 guru Songserm Sasana Vitaya School, Hatyai, Thailand.

Ketua Yayasan Songserm Sasana Vitaya School, Abdulrazak Binyala membuka workhsop ini secara resmi. Abdulrazak mengungkapkan bahwa konsep pendampingan membantu guru untuk membimbing siswa agar lebih mandiri.

Kami sangat menghargai kolaborasi ini karena program pendampingan yang diperkenalkan sangat relevan untuk membantu guru dalam membimbing siswa agar lebih mandiri, percaya diri dan siap menghadapi tantangan global, ungkap Abdulrazak.

Peserta Workshop Mentoring Kunci Self-Regulated Learning

Dalam kegiatan ini, tim menjelaskan konsep mentoring, strategi penerapannya dalam pembelajaran, dan cara membantu siswa mengembangkan self-regulated learning. Menurut Dr. Ratri Nur Hidayati, S.Pd., M.Pd.B.I., selaku ketua tim sekaligus dosen PBI, peran guru dalam pendampingan tidak hanya sebatas membimbing. Guru akan membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, dan mengelola pembelajaran secara mandiri.

Kegiatan mentoring yang diperankan oleh guru bukanlah sedekar proses membimbing, namun juga membangun keterampilan berfikir kritis, komunikasi dan self regulated learning siswa, ungkap Ratri.

Setelah menyampaikan materi, tim mengadakan diskusi interaktif tentang penerapan pendampingan, sehingga guru dapat mempraktikkannya di kelas. Soffi Widyanesti Priwantoro, S.Pd.Si., M.Sc., anggota tim  menjelaskan dampak positive untuk mahasiswa ketika guru menerapkan pendampingan.

Soffi Widyanesti Priwantoro, S.Pd.Si., M.Sc. saat menyampaikan materi

Keberhasilan mentoring bergantung pada peran dari guru dan siswa berbagi wawasan tentang manfaat mentoring dalam dunia pendidikan.

Melalui sesi ini, para guru dapat melihat bagaimana mentoring dapat membantu siswa membangun kebiasaan belajar yang lebih baik seperti mengidentifikasi tujuan belajar, lebih disiplin dalam mengatur jadwal belajar yang tentuanya keteramoilan ini diperlukan di era modern ini, ujar Soffi.

Workshop daring ini bukan akhir dari kegiatan, melainkan awal dari kolaborasi berkelanjutan antara FKIP UAD dan Songserm Sasana Vitaya School. Sebagai tindak lanjut, workshop secara luring akan dilaksanakan pada 24-25 Mei 2025 di Thailand. Hal ini untuk memberikan pengalaman langsung kepada para guru dalam menerapkan konsep pendampingan di kelas.

Kerja sama ini menjadi langkah penting dalam membangun sistem pendidikan yang lebih adaptif dan inovatif, di mana guru tidak hanya mengajar tetapi juga menjadi mentor yang membimbing siswa agar dapat mendukung kemandirian siswa dalam belajar.

(fahmi/ed: ink)

https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/FKIP-UAD-Gelar-Workshop-Internasional-Mentoring-Kunci-Self-Regulated-Learning-3.png 540 969 Isnanisha Karlina https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-fkip.png Isnanisha Karlina2025-03-06 12:48:092025-03-06 12:48:09FKIP UAD Gelar Workshop Internasional: Mentoring Kunci Self-Regulated Learning

Cari

FKIP UAD

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : –
Faximille : 0274-564604
Email : info[at]fkip.uad.ac.id

Informasi Tentang

Universitas Ahmad dahlan

Portal Akademik

Calon Mahasiswa

Jadwal Kuliah

Kuliah Online

Journal @UAD

Digital Library

Repository

Conference @UAD

Statistik Pengunjung

  • 857150Total visitors:
  • 229Visitors today:
  • 3642Visitors per month:
  • 407Visitors per day:
  • 5Visitors currently online:

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

FKIP Bagikan Strategi Pembelajaran Menyenangkan di SMA Negeri 11 Yogyakartaseminar sma negeri 11 yogyakartapp muhammadiyahDekan FKIP UAD Sekaligus Sekretaris PP Muhammadiyah Temui PM Malaysia Anwar...
Scroll to top