• INFO UAD
  • PMB UAD
  • ar
  • en
  • id
FKIP UAD
  • Home
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Pimpinan Fakultas
    • Program Studi
    • Tenaga Pengajar
  • 3P
    • Publikasi
      • Jurnal
    • Prosiding
    • Rilis Buku
    • Penelitian & Pengabdian
  • Akademik
    • Administrasi Evaluasi OBE
      • Sarjana
        • S-1 PBI
        • S-1 PBSI
        • S-1 BK
        • S-1 PPKN
        • S-1 PMAT
        • S-1 PFIS
        • S-1 PBIO
        • S-1 PGSD
        • S-1 PGPAUD
        • S-1 PVTO
        • S-1 PVTE
      • Magister
        • S-2 PFIS
        • S-2 PGV
        • S-2 PBI
        • S-2 MP
        • S-2 BK
        • S-2 PMAT
      • Doktoral
    • Kalender Mutu FKIP
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • E-Learning
    • Kurikulum
    • Laboratorium FKIP UAD
    • Road Map FKIP
    • Petunjuk Teknis TA Publikasi
    • Sanksi Administrasi Pelaku Kekerasan Seksual
  • Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Organisasi Mahasiswa
  • Alumni
    • Tracer Alumni
    • Insiprasi Alumni
  • Informasi
    • e-Counseling
    • Pelayanan
      • Peminjaman Ruang
      • Surat Menyurat Online
      • Surat Tugas Dosen
      • Legalisir Online
    • Kirim Berita
    • Pengumuman
    • Unduh
      • Form
      • Surat Keputusan Akademik
  • Admisi & PMB
    • Pendaftaran Mahasiswa Baru
    • Program FastTrack
  • Search
  • Menu Menu
Guest Lecture Pembelajaran Matematika di SD

GUEST LECTURE : Pembelajaran Matematika Di SD

18/06/2022/by HUMAS

Sabtu, (11/06/2022) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UAD) menyelenggarakan Guest Lecture Pembelajaran Matematika di SD yang mengusung 2 tema sekaligus . Pembukaan pertama di sampaikan oleh Ika Maryani, M.Pd., selaku Sekretaris Program Studi PGSD FKIP UAD, kemudian penyampaian materi di sampaikan oleh dua narasumber yaitu Estina Ekawati, S.Si., M.Pd.Si., merupakan Widyaiswara Ahli Madya PPPPTK Matematika (BBGP DIY) dan Tusta Rika Purwanti, S.Pd., merupakan alumni PGSD UAD sekaligus guru di SD N Turi 3.

Materi Pembelajaran berbasis Literasi, Numerasi, dan Integrasi Computational Thinking di Kelas untuk Optimasi AKM

Estina Ekawati, S.Si., M.Pd.Si. selaku pemateri 1 menuturkan, “Harapan dari kita berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah agar kita bisa mempelajari yang berkaitan dengan abstraksi, alogaritma, pengenalan pola, dan dekomposisi. Oleh karena itu, computational thinking sangat berperan sekali dalam menyelesaikannya .” tuturnya.

“ Untuk strategi pemecahan terkait kemampuan hasil PISA ,  literasi dan numerasi, maka kemdikbud melakukan program guru penggerak, program sekolah penggerak, dan implementasi kurikulum merdeka.” imbuhnya

Standar penilaian global seperti nilai kemampuan PISA, salah satu kegiatan yang dibentuk adalah AKM serta survei karakter dan survei karakter lingkungan. Selain itu, manfaat TIK sangat berperan karena dari data yang ada, hasil guru yang memanfaatkan TIK lebih tinggi hasil PISA-nya daripada guru yang tidak memanfaatkan TIK.

Hal ini juga berpengaruh dengan hasil siswa. Strategi yang dapat di tempuh yaitu dengan melibatkan siswa dalam belajar membaca, belajar merangkum dengan gaya bahasa sendiri, mengisi waktu luang, serta menghindari membaca nyaring.

Materi Strategi Pembelajaran Matematika di SD

Tusta Rika Purwanti, S.Pd. selaku pemateri 2 menuturkan, “Permasalahan-permasalahan yang saya temui selama pandemi salah satunya adalah lost learning. Pendidikan Indonesia belum siap dengan teknologi. Tetapi, teknologi tetap harus di gunakan karena teknologi tidak bisa menggantikan guru dan ketika teknologi tidak di gunakan, kita akan ketinggalan zaman.” tuturnya

“ANBK (Assesmen Nasional Berbasis Komputer) merupakan program penilaian yang di lakukan dengan tes yang meliputi kemampuan literasi dan numerasi. Pada kenyataannya, siswa-siswa belum biasa mengerjakan soal-soal selevel PISA sehingga banyak siswa yang bingung.” imbuhnya
Siswa menganggap matematika itu sulit sehingga tantangan sebagai  tantang calon pendidik dan pendidik terhadap matematika cukup  adalah mengubah image matematika dari yang sulit menjadi mudah. Solusi yang dapat di lakukan antara lain : dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, menanamkan bahwa matematika itu mudah, memberikan latihan soal dari yang mudah ke sulit, memberikan apresiasi, dan meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar.

https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/WhatsApp-Image-2022-06-18-at-20.48.11.jpeg 600 1065 HUMAS https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-fkip.png HUMAS2022-06-18 17:36:432022-06-20 09:31:09GUEST LECTURE : Pembelajaran Matematika Di SD
You might also like
PRODI PPG FKIP UAD ADAKAN BIMTEK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PPG DALAM JABATAN TAHAP IV
hmps bkHMPS BK FKIP UAD Gelar Kongres dan Pelantikan Pengurus Baru
Asesmen Lapangan Prodi PVTO FKIP UADFKIP UADAsesmen Lapangan secara luring PVTE FKIP UAD
kajianKajian Bulanan FKIP: Sudah Benarkah Sholat Kita?
global diversityDosen FKIP UAD Jadi Pemateri Workshop Global Diversity dan Pelatihan STEAM
Foto-Pelatihan-Artikel-2DOSEN PBSI UAD MEMBERI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL POPULER MAHASISWA SE-DIY

Cari

FKIP UAD

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : –
Faximille : 0274-564604
Email : info[at]fkip.uad.ac.id

Informasi Tentang

Universitas Ahmad dahlan

Portal Akademik

Calon Mahasiswa

Jadwal Kuliah

Kuliah Online

Journal @UAD

Digital Library

Repository

Conference @UAD

Statistik Pengunjung

  • 866346Total visitors:
  • 389Visitors today:
  • 714Visitors per month:
  • 330Visitors per day:
  • 3Visitors currently online:

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

Tim PLP UAD Tandatangani MoU dengan Sekolah MitraPenandatanganan MoU PLP UAD 1FKIP UADKuliah Umum PG PAUD dan UNIBPG PAUD FKIP UAD dan UNIB : From Parents to Partners
Scroll to top