IMG-20160508-WA00048 Mei 2016 di Lapangan Bardosono, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Lomba Mathematics Skill Competition (MS Comp IV). Acara ini dilaksanakan selama empat hari (5-8 Mei 2016) dan diikuti mahasiswa program studi pendidikan matematika dari semua semester, dari pukul 07.00 sampai 17.00 wib. Acara yang digelar setahun sekali ini mengambil tema “enhance your skill and keep your sportivity”

Ketua Program studi Pendidikan Matematika FKIP UAD, Drs. H. Abdul Taram, M.Si. menyampaikan, agar mahasiswa dapat meningkatkan prestasinya baik akademik maupun non akademik melalui kegiatan seperti MS Comp ini. Selain itu, dalam pembukaan acara ini juga dilakukan bentuk flash mop yang sangat meriah, sebagai gambaran motivasi mahasiswa yang tinggi menyambut acara ini.

Para mahasiswa pendidikan matematika melaksanakan beberapa kompetisi seperti futsal, bulutangkis dan majalah dinding. Khusus untuk pertandingan futsal dilaksanakan dalam sistem grup untuk mahasiswa dan sistem knock out untuk mahasiswi.

Dalam kegiatan ini mahasiswa yang menonton juga disediakan apresiasi hadiah “best supporter” sehingga semangat kompetisi tidak hanya di dalam arena lapangan namun terasa juga di pinggir lapangan. Mahasiswa belajar bagaimana menjaga sportifitas dan semangat fair play, sehingga tidak ada lagi gap diantara mahasiswa antar angkatan. Acara ini sengaja dilaksanakan di luar kampus agar masyarakat sekitar UAD ikut dapat merasakan kegembiraan serta suasana ceria yang dibawa oleh mahasiswa pendidikan matematika FKIP UAD.

FKIP UAD menyadari perlunya dukungan dan kerjasama tidak hanya di dalam lingkungan dalam kampus. Dukungan dan kerjasama masyarakat di sekitar kampus juga sangat membantu suasana belajar mengajar yang kondusif, sekaligus fungsi kontrol masyarakat yang baik. Semua kegiatan kampus harus dapat dirasakan lingkungan sekitar, disamping sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dimulai dari masyarakat terdekat kampus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melalui Program Studi Pendidikan Matematika bersama prodi lainnya siap menjadi pelopor kampus yang ramah terhadap masyarakat di luar kampus.

Harapan kedepan kegiatan ini terus dilestarikan supaya mahasiswa tidak hanya berprestasi di bidang akademik, namun juga di bidang non akademik. Semuanya bisa dilakukan dengan dukungan semua pihak. (H3)