IMG_20160427_103103_1Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Rabu 27 April 2016 menyelenggarakan “Sharing Bersama Mahasiswa Pendidikan Fisika Studi 2 Tahun di UNC Filipina” yang dilaksanakan di Audit D Kampus 3 UAD, dihadiri oleh jajaran Dosen Pendidikan Fisika dan Mahasiswa Pendidikan Fisika selaku peserta Sharing. Tujuan dari acara ini adalah berbagi pengalaman dari Mahasiswa Double Degree di UNC Filipina. Yaitu Lustianasari dan Nizami Asnawi Thalib yang merupakan Mahasiswa PGMIPA U Pendidikan Fisika UAD angkatan 2012.

Lustianasari dan Nizami Asnawi Thalib menempuh studi 2 tahun di Pendidikan Fisika Unggulan UAD dari tahun 2012-2013, tahun 2014 mereka melanjutkan studi selama 2 tahun di UNC Filipina. Dimulai dari keinginan dari kedua mahasiswa ini yang ingin sekali belajar/kuliah di luar negeri sesuai. “saya ingin kuliah/belajar di luar negeri sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh ayah saya” Ujar Nizami saat melakukan presentasi.

Awal mula mereka bisa kuliah di UNC karena keinginan mereka dan hal tersebut didukung penuh oleh Bapak Dr.Ir. Dwi Sulisworo, M.T selaku dosen pengampu mata kuliah di kelas mereka. Awalnya mereka bersama semua anak perempuan di kelas setuju untuk pergi bersama ke UNC tapi selang berjalannya waktu ternyata hanya tinggal mereka berdua yang teguh dan bertahan sampai akhir. Program ini terlaksana sebagai bentuk implementasi MoU antara UAD dan UNC Filipina. Mahasiswa Pendidikan Fisika tersebut menyelesaikan studi dengan total 220 SKS, dan insyaAllah dapat diwisuda pada Tahun 2016 ini.

            Besar harapan dari mereka bahwa akan ada Mahasiswa Pendidikan Fisika lainnya yang dapat mengikuti dan meneruskan jejak mereka, menjalin kerjasama kembali dengan UNC Filipina, karena dari UNC Filipina juga mengharapkan adanya kunjungan lagi dari mahasiswa UAD. Sehingga dapat mewujudkan visi UAD yaitu menjadi perguruan tinggi muhammadiyah berkelas internasional berbasis pada nilai keislaman. (H3)