• INFO UAD
  • PMB UAD
  • ar
  • en
  • id
FKIP UAD
  • Home
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Pimpinan Fakultas
    • Program Studi
    • Tenaga Pengajar
  • 3P
    • Publikasi
      • Jurnal
    • Prosiding
    • Rilis Buku
    • Penelitian & Pengabdian
      • Renstra Penelitian & PKM 2012-2025
  • Akademik
    • Administrasi Evaluasi OBE
      • Sarjana
        • S-1 PBI
        • S-1 PBSI
        • S-1 BK
        • S-1 PPKN
        • S-1 PMAT
        • S-1 PFIS
        • S-1 PBIO
        • S-1 PGSD
        • S-1 PGPAUD
        • S-1 PVTO
        • S-1 PVTE
      • Magister
        • S-2 PFIS
        • S-2 PGV
        • S-2 PBI
        • S-2 MP
        • S-2 BK
        • S-2 PMAT
      • Doktoral
    • Kalender Mutu FKIP
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • E-Learning
    • Kurikulum
    • Laboratorium FKIP UAD
    • Road Map FKIP
    • Petunjuk Teknis TA Publikasi
    • Sanksi Administrasi Pelaku Kekerasan Seksual
  • Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Organisasi Mahasiswa
  • Alumni
    • Tracer Alumni
    • Insiprasi Alumni
  • Informasi
    • e-Counseling
    • Pelayanan
      • Peminjaman Ruang
      • Surat Menyurat Online
      • Surat Tugas Dosen
      • Legalisir Online
    • Kirim Berita
    • Pengumuman
    • Unduh
      • Form
      • Surat Keputusan Akademik
  • Admisi & PMB
    • Pendaftaran Mahasiswa Baru
    • Program FastTrack
  • Search
  • Menu Menu
Mengapa Deep Learning Penting dalam Pendidikan

Mengapa Deep Learning Penting dalam Pendidikan?

25/07/2025/by Isnanisha Karlina

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD kembali menyelenggarakan Guest Lecture: Deep Learning dengan pakar dari UoG University of Gloucestershire, UK. Agenda ini merupakan kolaborasi dari prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Inggris serta Magister Pendidikan Matematika.

Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Alex Masardo, MRes dan Maria Meredith, MA., Ph.D (Cand). Agenda berlangsung di Educator Hall, Kampus 4 UAD pada Selasa (22/07) dengan peserta mahasiswa dan dosen dari prodi penyelenggara.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D. mengungkapkan bahwa Deep Learning menjadi salah satu topik yang mendapat sorotan Kementrian Pendidikan. Pembelajaran mendalam sangat potensial menjadi bentuk transformasi pembelajaran yang bermakna di Indoensia.

Perubahan yang kita lakukan tidak boleh berhenti pada tataran permukaan atau formalitas belaka, melainkan harus menyentuh inti dan makna yang substansial, ungkap Sayuti.

Maria Meredith, MA., Ph.D (Cand) saat menyampaikan materi

Maria Meredith, MA., Ph.D (Cand) saat menyampaikan materi

Pada sesi utama, Maria menekankan pembelajaran mendalam bukan sekadar sebagai metode pelajaran. Pembelajaran mendalam membentuk cara berpikir peserta didik dengan mendorong mereka untuk menggali makna dan memahami konsep secara menyeluruh. Pendekatan ini juga mengajak mereka untuk menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman serta konteks kehidupan nyata.

What we want to do is to talk, to discuss, to argue — because in deep learning, true understanding grows not from passive listening, but from active engagement, critical questioning, and the courage to explore multiple perspectives, ujar Maria.

Narasumber mengajak para peserta untuk berdiskusi secara aktif.

Narasumber mengajak para peserta untuk berdiskusi secara aktif.

Sementara itu, Alex menekankan bahwa peserta didik harus memiliki self-awareness atau kesadaran diri dalam belajar. Ia juga mendorong peserta didik untuk melatih self-regulation agar mampu mengatur proses belajarnya sendiri. Dalam proses ini, guru berperan aktif sebagai fasilitator yang membimbing, menyediakan ruang refleksi, dan menumbuhkan kemandirian belajar.

Pada akhir sesi, prodi yang terlibat dalam kuliah tamu ini memanfaatkan momentum untuk menandatangani Implementary Agreement (IA) dengan Early Years and Education, School of Education, UoG. Melalui penandatanganan ini, kedua institusi berkomitmen untuk memperkuat kerja sama internasional dalam pengembangan kurikulum, pertukaran keilmuan, dan peningkatan mutu pendidikan.

https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/Mengapa-Deep-Learning-Penting-dalam-Pendidikan.png 1080 1920 Isnanisha Karlina https://fkip.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-fkip.png Isnanisha Karlina2025-07-25 09:00:382025-07-25 09:00:38Mengapa Deep Learning Penting dalam Pendidikan?
You might also like
ma assalamKunjungan MA Assalam Sukoharjo, Gali Ilmu ke BK UAD
campus journeyPVTO UAD Kenalan Lebih Dekat Dengan Maba di Campus Journey FKIP 2024
ppg prajabatanUAD Sukses Gelar Tes Substantif PPG Prajabatan Tahun 2023
PGPAUD UADPGPAUD UAD Kenalkan Sistem PAUD kepada University of Gloucestershire, UK
Yudisium Periode 28 November 2018Yudisium Periode 28 November 2018
Dari Limbah ke Kompos Edukasi UAD untuk SMA Muhi 5 (4)Dari Limbah ke Kompos: Edukasi UAD untuk SMA Muh 5 YK

Cari

FKIP UAD

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : –
Faximille : 0274-564604
Email : info[at]fkip.uad.ac.id

Informasi Tentang

Universitas Ahmad dahlan

Portal Akademik

Calon Mahasiswa

Jadwal Kuliah

Kuliah Online

Journal @UAD

Digital Library

Repository

Conference @UAD

Statistik Pengunjung

  • 899953Total visitors:
  • 208Visitors today:
  • 20435Visitors per month:
  • 387Visitors per day:
  • 4Visitors currently online:

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

Pentingnya Respon Dini untuk Luka PsikologisPentingnya Respon Dini untuk Luka PsikologisSinergi BSDM UAD Membangun Atmosfer KolaboratifSinergi BSDM UAD: Membangun Atmosfer Kolaboratif
Scroll to top