Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Seni Tari di kampus V Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (24/12/2016). Pagelaran ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi Ujian Akhir Semester mata kuliah Seni Tari dan Drama bagi mahasiswa semester 5 dan beberapa mahasiswa semester 7.

“Ya, kita sebagai calon guru harus menguasai berbagai macam hal, salah satunya adalah melalui seni tari. Maka, kesempatan ini-lah yang dapat kalian gunakan untuk mengasah skill kalian. Selamat menampilkan yang terbaik!” ucap Heni Siswantari, S.Pd., M.A, selaku dosen mata kuliah Seni Tari dan Drama dalam sambutannya.

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu (24/12/2016) dari pukul 15.30-21.00 WIB di kampus V ini dipadati oleh penonton yang ingin menyaksikan pagelaran tari tersebut. Wanita yang mengampu sebagai dosen mata kuliah Seni Tari dan Drama tersebut mengatakan bahwa segala hal pagelaran/ pementasan diserahkan kepada seluruh mahasiswa, baik dari kostum tari, tata rias, panggung, sound system, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan suatu pagelaran/ pementasan kelak. Selain itu menjadikan mahasiswa yang mandiri dan memiliki keterampilan dalam menari untuk mencapai tujuan yaitu melestarikan budaya bangsa Indonesia.

“Saya tidak menyangka acaranya akan se-“WOW” itu! Saya selalu menekankan kepada mahasiswa bahwa kalian semua pasti bisa menari. Saya memberikan aturan kepada masing-masing kelompok untuk menari minimal dengan waktu 7 menit. Apabila masing-masing kelompok ada tujuh anggota dan masing-masing sumbangsih gerakan selama satu menit, maka akan jadi-lah gerakan tari yang beragam. Next, akan diadakan kembali pagelaran seni tari dan drama yang akan WOW lagi! Acara pagelaran tari ini “dari mereka, oleh mereka, dan untuk mereka”. Saya bangga dengan mereka semua,”imbuhnya dengan ekspresi berseri-seri. (H5)