Workshop Pengelolaan Web Unit (Fakultas dan Prodi)

Lokakarya Unit Web part1

Assalamualaikum di atas

FKIP UAD – Dalam rangka meningkatkan kinerja admin web unit Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Workshop Pengelolaan Web Unit (Fakultas dan Prodi) yang bekerja sama dengan Bidang Web dan Sosial Media (WSM) BISKOM khususnya di lingkungan Fakultas dan Program Studi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 04 April 2018 di Ruang Laboratorium ITTC (Gedung ITC Lantai 4). Acara tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi yang kedua dilaksanakan pada pukul 12.30 – 14.30 WIB.

Pembicara dalam acara tersebut adalah Bapak Ali Tarmuji, S.T., M.Cs, sekaligus Kepala Bidang Web dan Sosial Media UAD memberikan beberapa informasi terkait dengan penggunaan dan pengoptimalisasi web. Beliau menyampaikan bahwa pada umumnya website yang digunakan di dalam masing-masing unit sudah dimigrasikan ke website yang berbasis WordPress yang dulu sempat menggunakan Joomla. Migrasi tersebut dilakukan karena pengoperasian wordpress yang simple dan mudah bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan orang awam yang baru mengoperasikan website.

Meski hanya dengan waktu 2 jam, namun materi yang disampaikan begitu padat dan singkat. Materi diawali dengan pengenalan WordPress sebagai media pendukung penggunaan website. Kemudian dilanjutkan dengan cara bagaimana mempublish/ memposting sebuah berita.

Lokakarya Unit Web part2

“Memposting berita ibaratnya kita seperti orang mau memancing, banyak kail yang harus disiapkan agar berita yang kita sampaikan mampu diakses orang banyak”, kata Ali Tarmuji.

Maka dari itu, dengan adanya Pendampingan dan Pelatihan website untuk masing-masing unit kerja diharapkan admin bekerja sama dengan HUMAS untuk mengemas berita dengan menggunakan aturan publish yang benar. Sehingga, berita yang disebarkan mampu diakses orang banyak serta mampu menjadi info teratas ketika netizen mencari sebuah kabar berita.

Wassalamualaikum yang dikutip di atas